Permasalahan Biologi dan Tingkatan Organisasi Kehidupan

Permasalahan Biologi dan Tingkatan Organisasi Kehidupan - Materi lanjutan pada BAB I tentang Ruang Lingkup Biologi, dan pada kali ini materi ini adalah Permasalahan Biologi dan Tingkatan Organisasi Kehidupan, langsung saja di bawa ini Permasalahan Biologi dan Tingkatan Organisasi Kehidupan:

A. Permasalahan Biologi

Dalam kehidupan masa kini, biologi berkaitan erat dengan dunia kedokteran, makanan, dan penyakit. sebelum mempelajari lebih dalam tentang hal-hal yang dikaji dalam biologi. 
Biologi merupakan anggota kelompok murni (pure science). Kedudukan sama dengan fisika, kimia, dan matematika.  Biologi sebagai ilmu murni sangat berperan dalam pengembangan ilmu terapan (applied science). Jadi, tidak mungkin dapat menguasai ilmu terapan tersebut tanpa menguasai biologi. Pada gambar 1.2 anda dapat membuat bahwa ilmu biologi sangat diperlukan bagi penerapan bidang pertanian dan penerapan bidang peternakan.

Permasalahan Biologi dan Tingkatan Organisasi Kehidupan

B. Tingkatan Organisasi Kehidupan

Permasalahan Biologi dan Tingkatan Organisasi Kehidupan

Dari tingkatan organisasi kehidupan disebut hierarki kehidupan. Tingkatan organisasi kehidupan dari yang terendah sampai yang tetinggi meliputi moelekul, sel, jaringan, organ, sistem organ, organisme (individu), populasi, komunitas, ekosistem, dan biosfer.

Moelekul adalah bahan kimia dasar penyusun kehidupan. Moelekul mengalami kondensasi sehingga membentuk asam amino, substansi kehidupan yang akan membentuk menjadi sel. Sel adalah satuan (unik) kehidupan terkecil dari mahkluk hidup. Contoh sel, antara lain sel darah merah dan sel darah putih. Jaringan adalah kelompok sel sejenis yang memiliki bentuk dan fungsi yang sama dalam tubuh mahkluk hidup multiseluler. Contoh jaringan hewan, antara lain jaringan epitol, jaringan otot, dan jaringan tulang. Contoh jaringan tumbuhan antara lain jaringan epidermis, jaringan meristem, dan jaringan pengangkut. Organ adalah kelompok jaringan yang bersatu dan bekerja sama yang menjalankan fungsi tertentu. Contoh organ antara lain usus, lambung, paru-paru, dan jantung. Sistem organ adalah gabungan dai organ-organ yang bekerja sama untuk membentuk suatu sistem dalam kehidupan. Contoh sistem organ, usus halus, usus besar, dan usus dua belas jari, sisitem koordinasi dan sisitem indra disusun oleh otak, sum-sum tulang belakang, serabut, saraf dan pancaindera. Organisme adalah merupakan gabungan dari sistem-sistem organ yang bekerja sama membentuk kehidupan. satu organisasi dapat disebut juga individu. Individu adalah satu mahkluk yang tungggal. Contoh seorang manusia, seekor kucing, dan sebatang pohon jambu. Populasi adalah sekumpulan individu sejenis yang menempati suatu daerah tertentu pada waktu tertentu. Contoh populasi harimau berjumlah 30 ekor disuatu padang rumput. Komunitas adalah seluruh mahkluk hidup yang hidup disuatu daerah tertentu dan merupakan kumpulan dari berbagai macam populasi. Contoh: komunitas sawah yang terdiri dari beberapa padi, tikus, elang, dan ular. Ekosistem adalah sekumpulan mahkluk hidup dengan benda mati dalam satu kesatuan tempat hidup yang mempunyai hubungan timbal balik. Contoh dalam ekosistem hutan terdapat benda mati yang rterdiri atas tanah, hujan, bebatuan dll.

Oleh karena itu tingkat peraslahan Biologi dapat ditinjau secara khusus. Misalnya, tingkat moelekul dipelajari dalam biologi moelekul. Pada tingkat sel, ilmu biologi yang khusus membahasnya adalah biologi sel. jaringan tubuh mahkluk hidup memperoleh pehatian khusus para ahli hidang histologi. Tingkat organisasi kehidupan berupa organ dapat dipelajari dalam ilmu anatomi dan fisiologi. Adapun ekologi mempelajari mahkluk hidup dalam tingkatan individu  (sebagai spesies dan koloni), populasi, ekosistem,serta biom yang merupakan gabungan dari berbagai ekosistem hingga biosfer yang menyatakan berbagai macam biom.

Biologi karangan Heny Riandi

Belum ada Komentar untuk "Permasalahan Biologi dan Tingkatan Organisasi Kehidupan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel