Pengertian Dan Hakekat Seni

Pengertian Dan Hakekat Seni

Pengertian Dan Hakekat Seni  - materi kali ini adalah materi tentang seni. dalam hal ini pelajaran tersebut bisa kita pelajari bersama dibawah ini dengan seksama.

Pengertian dan hakekat Seni

Istilah seni bersumber dari beberapa pendapat diantaranya bahwa kata seni berasal dari "sani" dalam bahasa sansekerta berarti pemujaan, pelayanaan, donasi dan permintaan atau pencarian dengan hormat dan jujur. Ada yang mengatakan seni berasal dari bahasa belanda "genie" atau jenius. Atau versi lain, seni disebut clipa yang berarti berwarna (kata sifat) atau pewarna (kata benda), kemudian berkembang menjadi clipacastra yang berarti segala macam kekriyaan (hasil keterampilan tangan) yang artistic. Dalam perkembangan selanjutya dari asal kata seni muncul berbagai pengertian seni, yaitu
a. seni sebagai karya seni
b. seni sebagai kemahiran
c. seni sebagai kegiatan manusia

ki hajar dewantara, seni yaitu segala perbuatan manusia yang timbul dari hidup perasaannya dan bersifat indah sehingga dapat menggerakan jiwa perasaaan manusia. Akhdiyat K. Miharja menyebutkan bahwa seni adalah kegiatan rohani manusia yang merefleksi realitas dalam suatu karya yang berkat bentuk dan isinya mempunyai daya untuk membangkitkan pengalaman tertentu dalam alam rohani si penerimanya.

Dalam kehidupan sehari-hari sebenarnya aktifitas berkesenian selalu dialami manusia. Hanya saja terkadang kita tidak menyadari atau merasakannya bahwa aktivitasnya merupakan bagian dari ekspresi seni yang alami.

Seni secara teori dapat dbagi menjadi dua bagian besar yaitu seni murni dan seni terapan. Seni murni adalah penciptan seni yang hanya mempertimbangkan fungsi atau bentuknya, sedangkan seni terapan adalah penciptaan seni yang dirancang untuk kepentingan tertentu diluar fungsi sebenarnya.


Belum ada Komentar untuk "Pengertian Dan Hakekat Seni "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel