Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Fungsi Seni Tari Dalam Masyarakat Modern

Fungsi Seni Tari Dalam Masyarakat Modern
Seni Aktualisasi Diri (gaya Sardono)
 Fungsi Seni Tari Dalam Masyarakat Modern - Sahabat pendidikan pelajaran, kali ini kita akan mempelajari secara bersama mengenai Fungsi Seni Tari Dalam Masyarakat Modern. Materi ini adalah materi tentang Seni, yaitu seni tari. Untuk itu mari kita beajar bersama dengan seksama.

Fungsi Seni Tari Dalam Masyarakat Modern

Fungsi seni dalam masyarakat modern berkembang sesuai dengan kebutuhan masyarakat modern yang sangat beragam dan kompleks. seni secara jelas dapat dijumpai disetiap elemen dan situasi kehidupan. Mungkin dimasa lalu seni juga sudah mengusung fungsi berikut ini namun tidak tampil secara jelas. Bagaimana dungsinya dalam masyarakat modern silakan simak paparan berikut ini:
1. Ekspesi/Aktualisasi Diri
Kecendrngan fungsi pertunjukan untuk ekspresi atau aktualisasi diri ini merupakan perwujudan dari semboyan seni untuk seni atau I'art Pour I'art. Tidak ada orang yang dapat mengganggu gugat ekspresi seni dalam  penampilannya. Keebasan disini lebih menekankan pada pencapaian tujuan tertentu yang diperjuangkan. Contoh seni instalasi, happening art, dan sejenisnya.
2. Pendidikan
Seni sebagai media pendidikan merupakan elemen mendasar yang perlu dipahami. Hal ini karena esensi seni sebenarnya tidak dapat lepas dari muatan edukatif. Denngan lain perkataan apa yang dituangkan kedalam berbagai cabang seni merupakan sarana untuk mewujudkan tujuan untuk membentuk budi pekerti seseorang.
3. Industri
Fungsi seni sebagai industri lebih mengarah pada tujuan atau kepentingan tertentu untuk mendukung satu produk tertentu. Seni untuk industri adalah sesuatu yang mampu memberi daya tarik pada produk yang ditawarkan. Misalnya, sebuah lagu dibuat untuk kepentingan iklan produk susu. Atau ketika seorang penata tari membuat koreografi untuk menggambarkan sesuatu yang terkait dengan keperkasaan sesorang ewat iklan rokok.
4. Seni Terapi
Seni untuk terapi digunakan secara khusus untuk memberi ketenangan batin seseorang yang sedang menderita secara psikis. Masalah kejiwaan yans ering dihadapi manusia membutuhkan media untuk penyelesaiannya. Salah cara tersebut dapat ditempuh dengan beraktifitas di dunia seni. Dengan berolah seni seseorang yang memiliki permasalahan atau tertekan jiwanya, akan terobati. Dengan demikian orang belajar seni untuk terapi hanya sebagai media untuk memberi siraman estetis melalui kegiatan seni yang ia gemari.
5. Komersial/Instant
Seni untuk kategori sebagai alat mendatangkan keuntungan ini bisa dibuat menurut keperluan dan keinginan sipenanggap. apapun bentuk dan wujud kesenian itu asal mampu memenuhi keinginan pembeli tidak masalah, walaupun kadang-kadang harus menyimpang pada norma estetis yang berlaku. Seni untuk fungsi ini terjadi karena permintaan yang makin banyak. Dunia pariwisata membuka peluang untuk pengemasan jenis-jenis pertunjukan kemasan.
Sekian dulu belajar kita hari ini, kita lanjutkan di postingan berikutnya.....:)