Pengertian Kurs Jual dan Kurs Beli Serta Macam-Macam Nama Mata Uang Asing

Berikut ini akan dibahas mengenai mata uang asing, kurs mata uang, kurs jual, kurs beli, kurs jual beli, kurs jual beli mata uang asing, pengertian kurs beli, pengertian kurs jual, macam macam mata uang asing.

Mata Uang Asing

Setiap negara mempunyai mata uang yang berbeda-beda. Mata uang negara satu dengan negara lainnya memiliki nilai yang berbeda. Nilai perbandingan antara mata uang negara satu dengan mata uang negara lain disebut kurs.

Kurs Jual dan Kurs Beli

Jika kita akan pergi ke negara lain, tentu kita tidak dapat membawa uang yang berlaku di negara kita. Agar dapat membeli barang dan jasa di negara tujuan kita itu, maka kita harus menukarkan uang kita dengan uang yang berlaku di negara tujuan. Penukaran uang itu dapat dilakukan di bank atau money changer.


Kalian bisa datang di bank untuk menukar uang rupiah dengan mata uang asing seperti yen, dollar, atau mata uang asing lainnya. Penukaran uang tersebut didasarkan pada kurs yang berlaku.

Dalam penukaran mata uang, bank tentu saja menginginkan adanya keuntungan. Oleh karena itu bank menetapkan kurs jual dan kurs beli terhadap mata uang asing. 

Kurs jual adalah kurs yang berlaku/ditetapkan oleh bank apabila bank menjual mata uang asing, sedangkan kurs beli adalah kurs yang diberlakukan oleh bank apabila bank membeli mata uang asing. 

Kurs jual selalu lebih tinggi daripada kurs beli. Selisih antara kurs jual dan kurs beli merupakan keuntungan bank.

Kurs valuta asing setiap saat bisa berubah, yaitu naik atau turun tergantung kekuatan permintaan dan penawaran mata uang yang bersangkutan. 

Apabila permintaan terhadap mata uang dollar sangat kuat maka kurs dollar akan naik. Sebaliknya jika permintaan terhadap mata uang dollar melemah maka kurs dollar menjadi turun.

Macam-Macam Mata Uang Asing

Setiap negara tentu memiliki mata uang sendiri. Di bawah ini disajikan daftar macam-macam mata uang asing yang dimiliki negara-negara di dunia.

Macam-Macam Nama Mata Uang Asing

Pengertian Kurs Jual dan Kurs Beli Serta Macam-Macam Nama Mata Uang Asing