Tarian Khas, Seni dan Alat Musik Tradisional Dalam Kesenian Adat Suku Batak

Berikut ini akan kita bahas mengenai suku batak, kesenian suku batak, kesenian batak, tarian batak, tari tor tor, gondang batak, tortor batak, tari tor tor berasal dari, tarian suku batak, tarian adat batak, tari tor tor batak, tarian khas batak, seni musik suku batak, alat musik tradisional batak.

Seni Pertunjukan Masyarakat Suku Batak

Seni pertunjukan yang berkembang dalam masyarakat adat suku bangsa Batak meliputi seni tari dan
seni musik.

Seni Tari

Masyarakat adat suku bangsa Batak memiliki seni tari khas, yaitu tari tor-tor. Keunikan tari tor-tor adalah gerakan-gerakan yang khas pada anggota-anggota badan tertentu yang memiliki makna tertentu pula. 
Tarian Khas, Seni dan Alat Musik Tradisional Dalam Kesenian Adat Suku Batak
Tari Tor-Tor
Berdasarkan gerakan anggota badan atau lenggak-lenggoknya, tari tor-tor dibedakan menjadi beberapa macam, yaitu sebagai berikut.
  1. Hapunana adalah anggota badan yang bergerak hanya wajah.
  2. Siangkupna adalah anggota badan yang bergerak hanya leher.
  3. Pengeal adalah anggota badan yang bergerak hanya pinggang, dan tulang punggung hingga bahu.
  4. Pangurdot adalah anggota badan yang bergerak hanya kaki, tumit, hingga bahu.
  5. Pandenggal adalah anggota badan yang bergerak hanya lengan, telapak tangan hingga jari-jari tangan.
Tari tor-tor biasanya dibawakan oleh pria maupun wanita dengan diiringi seperangkat alat musik tradisional Batak. Berbagai macam tari tor-tor sebagai berikut.
  1. Tor-tor gondang mula-mula adalah tarian tor-tor dengan gerakan menyembah sambil berputar di tempat. Tarian ini mengandung makna agar awal dari setiap pekerjaan diharapkan berhasil dengan baik.
  2. Tor-tor gondang somba-somba adalah tarian tortor dengan gerakan tangan menyembah. Gerakan ini mengandung arti memohon izin dan doa restu kepada khalayak umum.
  3. Tor-tor gondang mangido pasu-pasu adalah tarian tor-tor dengan gerakan tangan menari. Gerakan ini mengandung makna petuah, nasihat, amanat serta petunjuk dari orang tua untuk membawa kebahagiaan dan kesejahteraan.
  4. Tor-tor gondang liat-liat adalah tarian tor-tor dengan gerakan menari berkeliling dalam lingkaran dengan maksud agar semua anggota keluarga mendapat kebahagiaan.
  5. Tor-tor gondang hasahatan adalah tarian tor-tor dengan gerakan menari di tempat. Hal itu mengandung makna agar petuah yang telah disampaikan mendapat restu dan berkat dari Tuhan Yang Maha Esa.

Seni Musik

Musik tradisional adat suku bangsa Batak berupa seperangkat instrumen yang disebut Ogung sabangunan. Alat musik tersebut terdiri atas:
  1. empat buah gendang (ogung),
  2. enam buah tagaining, sejenis gamelan Batak, lima buah berukuran besar dan sebuah berukuran kecil,
  3. satu buah sarune, sejenis alat tiup, dan
  4. sebuah hesek.
Gendang atau ogung memiliki nama tertentu, misalnya oloan, ihutan, doal dan jeret. Seperangkat alat musik tersebut dimainkan secara serentak dan teratur sesuai dengan birama yang telah ditentukan, sehingga menghasilkan musik yang indah dan khas. Alat musik tersebut dimainkan untuk mengiringi tari tor-tor. 

Belum ada Komentar untuk "Tarian Khas, Seni dan Alat Musik Tradisional Dalam Kesenian Adat Suku Batak"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel