Sejarah Awal Mula Perkembangan dan Masuknya Agama Kristen Katolik dan Protestan di Indonesia

Berikut ini akan dibahas secara ringkas tentang agama di indonesia, agama katolik, perkembangan agama kristen di indonesia, perkembangan kristen di indonesia, penyebaran agama kristen di indonesia, agama kristen katolik, agama kristen protestan.

Awal Perkembangan Agama Khatolik di Indonesia

Ajaran agama Katolik, pertama kali tumbuh di daerah Timur Tengah (Yerusalem), merupakan tempat kelahiran Yesus Kristus, tokoh sentral dalam ajaran Katolik. 

Dari Timur Tengah ajaran Katolik ini berkembang ke Eropa pada masa kekaisaran Romawi, kemudian tumbuh dan berkembang menyebar ke Asia dibawa oleh kaum misionaris. 

Agama Katolik masuk ke Indonesia bersamaan dengan masuknya Portugis ke daerah Maluku pada tahun 1512, disebarkan oleh Franciscus Xaverius, seorang misionaris berkebangsaan Portugis yang telah berkarya sebagai penyebar agama Katolik di wilayah Filipina. 

Dari kawasan Indonesia bagian timur inilah agama Katholik menyebar ke wilayah-wilayah lain di Indonesia.

Awal perkembangan agama Kristen di Indonesia 

Pada hakikatnya agama Kristen muncul dari ketidakpuasan Marthin Luther, seorang pastur dan pengajar theologi agama Katholik di Jerman. 

Marthin Luther mengungkapkan dalil-dalil yang menentang langsung berbagai kebijakan dan ajaran resmi yang dikeluarkan oleh gereja Khatolik pada masa itu. 

Marthin Luther pada tahun 1517 memutuskan hubungan dengan gereja Khatolik dan menerjemahkan Injil dari bahasa Latin ke bahasa Jerman. 

Itulah yang mengawali terbentuknya agama Kristen Protestan sebagai agama yang mandiri terpisah dengan agama Khatolik, meskipun secara umum isi ajarannya sama. 

Agama Kristen Protestan masuk ke Indonesia bersamaan dengan masuknya VOC pada tahun 1596 di daerah Maluku (Ternate), yang kemudian berkembang ke wilayah-wilayah lain di Indonesia. 

Masuknya agama Kristen Protestan ke Indonesia dilakukan oleh zending atau penginjil, yakni orang yang bertugas dalam bidang penyebaran agama Kristen Protestan. 

Jika agama Khatolik masuk ke Indonesia dibawa bangsa Portugis, agama Kristen Protestan masuk ke Indonesia bersama dengan masuknya bangsa Belanda.

Belum ada Komentar untuk "Sejarah Awal Mula Perkembangan dan Masuknya Agama Kristen Katolik dan Protestan di Indonesia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel