Pengertian, Definisi, Tujuan, Ciri-Ciri dan Contoh Perusahaan Dagang

Berikut ini akan kita bahas mengenai definisi perusahaan dagang, perusahaan dagang, pengertian perusahaan dagang, tujuan perusahaan dagang, bentuk perusahaan dagang, contoh perusahaan dagang, ciri ciri perusahaan dagang, ciri perusahaan dagang.


Definisi Perusahaan Dagang

Perusahaan adalah setiap bentuk usaha yang menjalankan usaha yang bersifat tetap, terus-menerus, didirikan, bekerja, dan berkedudukan di tempat tertentu dengan tujuan memperoleh laba atau keuntungan. Tujuan setiap perusahaan, yaitu untuk memaksimalkan keuntungan yang dihasilkan. 

Keuntungan atau laba (profit) adalah selisih antara jumlah yang diterima perusahaan atas penjualan barang atau jasa kepada pelanggan dari jumlah yang harus dikeluarkan untuk menghasilkan dan menjual barang atau jasa tersebut.
Perusahaan dagang adalah perusahaan yang membeli barang dagangan dari pemasok dan menjualnya kembali kepada pelanggan tanpa diproses terlebih dahulu atau tanpa diubah bentuknya.
Bentuk perusahaan dagang, antara lain supermarket, penyalur atau distributor, retailer, dan pengecer. Berdasarkan definisi perusahaan dagang, dapat disimpulkan bahwa ciri-ciri perusahaan dagang, yaitu sebagai berikut.
  1. Perusahaan dagang membeli barang dagangan untuk dijual kembali kepada pelanggan.
  2. Barang dagangan yang dibeli tidak diproses terlebih dahulu sebelum dijual kepada pelanggan.
  3. Dalam menghasilkan pendapatan, dilakukan transaksi pembelian dan penjualan barang dagangan.
  4. Penjualan merupakan pendapatan untuk perusahaan dagang.
  5. Biaya untuk memperoleh barang dagangan dilaporkan sebagai harga pokok penjualan.
  6. Barang dagangan yang belum terjual disebut persediaan barang dagangan yang dilaporkan sebagai aktiva lancar dalam neraca.

Belum ada Komentar untuk "Pengertian, Definisi, Tujuan, Ciri-Ciri dan Contoh Perusahaan Dagang"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel