Macam-Macam Bentuk dan Jenis Seni Musik, Seni Tari Serta Seni Wayang Tradisional Daerah Adat Suku Sunda

Berikut ini akan dibahas mengenai kesenian sunda, tarian sunda, tarian khas sunda, kesenian suku sunda, tarian daerah sunda, seni musik sunda, seni musik tradisional sunda, tarian suku sunda, tarian daerah sunda, wayang sunda, wayang golek sunda, wayang golek.

Seni Pertunjukan Masyarakat Suku Sunda

Seni pertunjukan khas adat suku bangsa Sunda meliputi seni musik, seni tari, dan seni wayang.

Seni Musik

Masyarakat adat suku bangsa Sunda memiliki alat musik tradisional berupa: angklung, calung, suling, kecapi, dan degung. Angklung, calung, dan suling merupakan alat musik yang terbuat dari bambu. 

Angklung tersusun dari potongan bambu yang dibentuk secara khusus yang disusun berjajar. Angklung dimainkan dengan cara digoyangkan. 

Getaran rangkaian bambu yang beradu dengan raknya akan menimbulkan nada suara tertentu. Untuk memainkan suatu lagu tertentu diperlukan beberapa buah angklung yang dimainkan secara bergantian sesuai dengan not lagu yang diinginkan. 

Untuk itu diperlukan adanya seorang pemandu atau dirigen yang memberikan aba-aba bagi pemain angklung. Dengan demikian pertunjukan permainan angklung menyerupai suatu pertunjukan konser orkestra.

Calung dimainkan dengan cara dipukul, sedangkan suling dimainkan dengan cara ditiup. Alat-alat musik tradisional Sunda biasanya dimainkan untuk mengiringi lagu-lagu daerah Sunda seperti tembang dan kawih. 

Tembang adalah lagu berbentuk puisi dengan iringan kecapi dan suling, sedangkan kawih adalah lagu bebas yang diiringi angklung dan suling. Seni suara atau seni vokal Sunda disebut sintren atau cincang keling.

Seni Tari

Salah satu jenis tarian Sunda yang sangat populer adalah tari jaipongan. Tari jaipong merupakan perpaduan antara tari ketuk tilu dengan tari gendang pencak.

Tari jaipongan termasuk jenis tari pergaulan yang bisa dimainkan secara berpasangan antara penari pria dan wanita. Beberapa tari tradisional adat suku bangsa Sunda, antara lain sebagai berikut.
  1. Tari rumlang, jenis tari topeng khas Cirebon.
  2. Tari topeng kuncaran, tari yang melukiskan dendam kesumat seorang raja karena cintanya ditolak.
  3. Tari kupu-kupu, tari yang mengisahkan kehidupan kupu-kupu yang serba indah, menarik, dan memukau.
  4. Tari merak, menggambarkan pola perilaku burung merak jantan yang sedang memikat pasangannya.

Seni Wayang

Masyarakat adat suku bangsa Sunda memiliki kekayaan budaya berupa seni pertunjukan wayang golek, yaitu wayang yang terbuat dari boneka kayu dengan dandanan dan kostum yang menarik sesuai karakter wayang.

Wayang golek merupakan seni pertunjukan yang memperoleh pengaruh dari kesenian Jawa Mataram (wayang kulit), namun wayang golek lebih visual dan demokratif. 

Pertunjukan wayang golek dimainkan oleh seorang dalang yang menggerakkan boneka-boneka kayu tersebut dengan mengambil cerita dari kisah Ramayana maupun Mahabharata yang dikemas dengan versi masyarakat adat Sunda. 

Belum ada Komentar untuk "Macam-Macam Bentuk dan Jenis Seni Musik, Seni Tari Serta Seni Wayang Tradisional Daerah Adat Suku Sunda"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel