Dampak Positif dan Negatif Dari Potensi Keanekaragaman Seni di Indonesia

Pada hakikatnya setiap daerah memiliki potensi seni yang bisa dikembangkan secara luas. Permasalahannya terletak pada bagaimana cara menggali potensi seni yang ada dan upaya pengembangannya.

Jika kita melakukan pengamatan terhadap kehidupan masyarakat kecil di sekitar kita, kehidupan para pemulung, misalnya sebenarnya merekalah ujung tombak yang membuka kesempatan untuk menggali potensi seni yang ada. Mengapa demikian?

Para pemulung adalah pemasok bahan baku yang diperlukan industri-industri kecil yang tak lain adalah bentuk seni kerajinan masyarakat. 

Melalui kreativitas dan sentuhan teknologi, sampah dapat diubah menjadi barang produksi yang mengandung nilai ekonomi jauh dari nilai bahan baku semula. 

Munculnya industri kecil yang bergerak di bidang kerajinan dengan bermodalkan bahan baku sampah, telah membantu pemerintah dalam menyediakan lapangan pekerjaan di sektor informal. 

Hal itu akan mampu menaikkan sektor pendapatan masyarakat, di samping membantu mengatasi masalah sampah.

Tanah air Indonesia dikenal sebagai tanah yang kaya-raya dan alamnya banyak mengandung potensi untuk dikembangkan dan dikelola. Namun kenyataannya, Indonesia termasuk negara dengan pendapatan per kapita yang sangat rendah.

Dampak Positif

Keanekaragaman kesenian yang berkembang dalam kehidupan masyarakat Indonesia akan membawa dampak positif. Dampak positif adanya keanekaragaman kesenian, antara lain sebagai berikut.

a. Sebagai sumber devisa negara

Salah satu daya tarik Indonesia bagi wisatawan mancanegara adalah keanekaragaman seni budaya. Oleh karena itu, potensi seni yang dikembangkan secara proporsional dan profesional akan menghasilkan karya seni eksotis yang mampu menarik minat wisatawan asing untuk berkunjung ke Indonesia. Kunjungan wisatawan mancanegara ke Indonesia meningkatkan pendapatan negara.

b. Sebagai sumber kesejahteraan masyarakat

Pengembangan seni lukis membuka peluang usaha bagi penduduk. Pengembangan potensi seni lukis dan seni kerajinan merupakan peluang usaha yang mampu memproduksi barang-barang kerajinan dan seni yang dapat diekspor ke mancanegara.

c. Sebagai identitas bangsa

Pengembangan potensi seni yang ada di Indonesia dapat diarahkan sebagai bentuk karya identitas bangsa Indonesia.

Dampak Negatif

Perkembangan seni yang berlangsung dalam kehidupan masyarakat Indonesia cenderung banyak dipengaruhi oleh masuknya seni asing terutama seni budaya barat. Hal itu membawa dampak negatif berupa:
  1. semakin rendahnya apresiasi masyarakat khususnya generasi muda terhadap potensi seni tradisional,
  2. kurangnya perhatian terhadap perkembangan potensi seni tradisional menyebabkan beberapa bentuk kesenian tradisional makin langka. 

Belum ada Komentar untuk "Dampak Positif dan Negatif Dari Potensi Keanekaragaman Seni di Indonesia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel