Pengertian, Ciri-Ciri serta Contoh Masyarakat Paguyuban (Gemeinschaft) dan Patembayan (Gesselschaft)

Berikut ini akan dijelaskan secara ringkas mengenai kelompok sosial, kelompok sosial teratur, pengertian paguyuban, paguyuban, kelompok paguyuban, gemeinschaft, patembayan, kelompok patembayan, gesselschaft, masyarakat patembayan, pengertian patembayan, ciri ciri paguyuban, ciri ciri masyarakat paguyuban, ciri ciri patembayan, ciri ciri masyarakat patembayan, contoh paguyuban, contoh patembayan.


Pengertian Paguyuban (Gemeinschaft) dan Patembayan (Gesselschaft)

Paguyuban ( gemeinschaft ) adalah bentuk kehidupan bersama yang para anggotanya diikat oleh hubungan batin yang murni dan bersifat alamiah serta kekal. 
Dasar hubungan tersebut adalah rasa cinta dan rasa kesatuan batin yang memang telah dikodratkan. Kehidupan tersebut bersifat nyata dan organis yang dapat diumpamakan tubuh manusia atau hewan. 

Contoh atau bentuk paguyuban akan dijumpai di dalam keluarga, kelompok kerabat, rukun tetangga, dan sebagainya. Suatu kelompok dinamakan paguyuban apabila mempunyai beberapa ciri berikut.
  1. Intimate, hubungan menyeluruh dan akrab.
  2. Private, hubungan yang bersifat pribadi, yaitu khusus untuk beberapa orang saja.
  3. Exclusive, hubungan tersebut hanya untuk kita saja dan tidak untuk orang lain di luar kita.

Di dalam paguyuban terdapat suatu kemauan bersama. Ada suatu pengertian serta kaidah-kaidah yang timbul dengan sendirinya dari kelompok tersebut. Menurut Tonnies, dalam setiap masyarakat selalu dapat dijumpai salah satu di antara tiga tipe paguyuban.
  1. Paguyuban karena ikatan darah (gemeinschaft by blood) yaitu paguyuban yang terbentuk didasarkan pada ikatan darah atau keturunan. Contohnya, keluarga, kelompok kekerabatan.
  2. Paguyuban karena tempat (gemeinschaft of place) yaitu suatu paguyuban yang terdiri atas orang orang yang berdekatan tempat tinggalnya sehingga dapat saling menolong. Contohnya, rukun tetangga, rukun warga, atau arisan.
  3. Paguyuban karena jiwa dan pikiran (gemeinschaft of mind) merupakan suatu paguyuban yang terdiri atas orang-orang yang walaupun tidak mempunyai hubungan darah ataupun tempat tinggalnya tidak berdekatan, tetapi mereka mempunyai pikiran dan ideologi yang sama.

Patembayan ( gesselschaft ) adalah ikatan lahir yang bersifat pokok untuk jangka waktu yang pendek, bersifat sebagai suatu bentuk dalam pikiran berkala serta strukturnya bersifat mekanis sebagaimana dapat diumpamakan dengan sebuah mesin. 
Bentuk gesselschaft terutama terdapat di dalam hubungan perjanjian yang berdasarkan ikatan timbal balik. Contohnya, ikatan pedagang, organisasi pengusaha, atau sarikat buruh.

Belum ada Komentar untuk "Pengertian, Ciri-Ciri serta Contoh Masyarakat Paguyuban (Gemeinschaft) dan Patembayan (Gesselschaft)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel