Letak Geografis dan Astronomis, Batas-Batas, Bentang Alam, Iklim dan Keadaan Penduduk di Negara-Negara Amerika Utara (Amerika Serikat dan Kanada)

Dibawah ini akan kita bahas mengenai benua amerika, kawasan amerika utara, negara di amerika utara, letak astronomis benua amerika, letak geografis benua amerika, batas batas benua amerika, letak benua amerika, bentang alam benua amerika, iklim benua amerika, keadaan penduduk amerika, keadaan penduduk amerika serikat, luas wilayah amerika serikat.

Kawasan Amerika Utara

Secara astronomis, Benua Amerika terletak antara 10°/35° BB – 170°BB dan antara 83°LU – 55°LS. Dengan demikian, benua ini memiliki 8 daerah waktu.


Tabel Karakteristik Kawasan Amerika Utara

Letak Geografis dan Astronomis, Batas-Batas, Bentang Alam, Iklim dan Keadaan Penduduk di Negara-Negara Amerika Utara (Amerika Serikat dan Kanada)

Secara geografis, Benua Amerika dikelilingi samudra-samudra dan laut-laut sebagai bagian dari samudra-samudra itu. Di sebelah barat  benua  ini  terdapat  Samudra  Pasifik  atau  Lautan Teduh dengan laut tepi-laut tepinya, seperti Selat Bering, Laut Bering, Teluk  Alaska, Teluk California, Teluk Panama, dan Selat Magelhaes.

Di sebelah timur benua ini dibatasi oleh Samudra Atlantik, serta beberapa  laut  tepinya.  Di  bagian utara berbatasan dengan Laut Arktik. Di ujung utara benua ini bertetangga dekat dengan Benua Asia yang  dipisahkan  hanya dengan selat sempit, yaitu Selat Bering.

Letak Geografis dan Astronomis, Batas-Batas, Bentang Alam, Iklim dan Keadaan Penduduk di Negara-Negara Amerika Utara (Amerika Serikat dan Kanada)
Peta Amerika Utara

Bagian  barat  Benua Amerika,  dari utara sampai ujung selatan, termasuk ke dalam deretan pegunungan muda Sirkum Pasifik. Di Amerika Utara pegunungan ini dinamakan  Rocky  Mountains dan  di Amerika Selatan dinamakan Cordilleras. Sedangkan  di  pantai  timurnya  dihiasi beberapa kelompok pegunungan tua yang terbentuk pada zaman Paleozoikum. 

Di Amerika Selatan kita jumpai pegunungan tua,  yaitu  Dataran  Tinggi  Guyana.  Di bagian tenggara  benua  ini  terhampar Dataran Tinggi Brasilia. Berdasarkan  bentuk  daratannya, Benua Amerika  terbagi  ke  dalam  dua region, yaitu Amerika Utara dan Amerika Selatan. Mengenai batas antara kedua wilayah itu terdapat dua versi pendapat.

1) Pendapat yang menyatakan bahwa Tanah Genting (Ismuth) Tehuantepeclah  yang  menjadi pembatasnya.  Daerah pembatas ini diapit oleh Teluk Campeche di Meksiko dan teluk Tehuantepec di Pantai Lautan Teduh.

2) Pendapat lain menyatakan bahwa batas antara region Amerika Utara dengan Amerika Selatan adalah Ismuth Panama, yang merupakan bagian tersempit di Amerika Tengah. Batas yang terakhir inilah yang dewasa ini lebih populer. Selain  berdasarkan  bentuk  daratannya,  terdapat  pula pembagian-pembagian lainnya, yaitu sebagai berikut.

1) Berdasarkan perbedaan kebudayaannya,  Amerika terbagi ke dalam dua region, yaitu Anglo Amerika dan Amerika Latin  yang batasnya terdapat antara Amerika Serikat dengan Meksiko.

2) Berdasarkan elevasi dan iklim terbagi ke dalam tiga region, yaitu:

a) tierra caliente atau daerah panas,

b) tierra templada atau daerah sejuk, dan

c) tierra fria atau daerah dingin.

3) Berdasarkan pemerintahannya, pembagian region ini sifatnya mutlak, dengan perbatasan ditetapkan atas dasar perjanjian kedua negara.

Kawasan Amerika Serikat

a. Batas-batas Kawasan

Amerika Serikat atau USA (United States of Amerika) adalah negara paling penting  di  benua  ini. Wilayahnya, kecuali  satu  blok  daratan  dengan Kanada  dan  Meksiko,  termasuk  dua negara bagian  lain.  

Letak Geografis dan Astronomis, Batas-Batas, Bentang Alam, Iklim dan Keadaan Penduduk di Negara-Negara Amerika Utara (Amerika Serikat dan Kanada)
Peta Amerika Serikat

Yang  pertama adalah Alaska. Letaknya di ujung benua ini,  terpisahkan  oleh  ke  48 negara Amerika Serikat  lainnya  serta  oleh wilayah Kanada. Negara bagian lainnya yang letaknya berjauhan adalah Hawai. Negara bagian Amerika Serikat ini berbentuk kepulauan yang berada di tengah Samudra Pasifik. Secara astronomis, kawasan Amerika Serikat terletak pada garis 24°33’ LU – 70°23’ LU dan antara 172°27’ BT – 66°51’ BB. Sedangkan  secara  geografis,  daratan  utama Amerika  Serikat memiliki batas-batas sebagai berikut.

1) Bagian utara berbatasan dengan Kanada.

2) Sebelah  selatan  berbatasan  dengan Teluk  Meksiko  dan Meksiko.

3) Sebelah timur berbatasan dengan Samudra Atlantik.

4) Sebelah barat berbatasan dengan Samudra Pasifik.

Adapun batas-batas negara bagian Alaska adalah:

1) sebelah utara berbatasan dengan Laut Arktik,

2) sebelah selatan berbatasan dengan Samudra Pasifik,

3) sebelah timur berbatasan dengan Kanada, dan

4) sebelah barat berbatasan dengan Laut Bering.

b. Bentang alamnya

Bentang alam kawasan Amerika Serikat, secara garis besar, dideskripsikan sebagai berikut: di pantai barat terdapat dataran rendah  yang  sempit,  berhadapan  dengan  Samudra  Pasifik. Dataran ini dibatasi pegunungan pantai yang merupakan tepi barat rangkaian  Pegunungan  Rocky.  

Di  seberang Rocky  Mountains terdapatlah Dataran Tengah (The Central Plain) yang merupakan dataran tinggi di sebelah barat. Yang termasuk ke dalam kawasan ini ialah negara bagian: Dakota Utara, Dakota Selatan, Nebraska, Kansas,  Oklahoma,  dan Texas.  Sedangkan,  Illinois,  Indiana, Missouri, Kentucky,  Arkansas, Mississippi, Alabama, dan Louisiana terletak di dataran rendah lembah Sungai Missouri-Mississipi. 

Di bagian utara great plain itu terdapat danau-danau besar. Perbedaan  tinggi permukaan  air  antara  danau-danau  itu menghasilkan air terjun, seperti Niagara Fall selain menarik para wisatawan, tenaganya juga menghasilkan tenaga listrik. 

The  Great  Plain  dibatasi  Pegunungan Alleghany  yang merupakan  pegunungan  tua  di  dekat pantai  timur  USA. Pegunungan ini memiliki banyak persediaan mineral dan potensi tenaga air. Sedangkan di bagian dataran rendah Pantai Atlantik merupakan bagian dari kawasan negara ini yang paling ramai disinggahi kapal-kapal internasional.

c. Lokasi (iklim, flora, dan fauna)

Kawasan Amerika Serikat mempunyai iklim yang bervariasi yaitu:

1) di pantai utara bagian barat beriklim sedang,

2) pantai barat bagian selatan beriklim mediteran,

3) pantai barat laut beriklim sedang basah,

4) pantai tenggara beriklim subtropik basah,

5) di  wilayah  teluk  Meksiko  dan  pantai  pedalaman  beriklim kontinental,

6) Alaska beriklim kutub (dingin), dan

7) kepulauan Hawaii beriklim hujan tropik.

Kawasan timur Amerika Serikat masih banyak dijumpai hutan lebat, yaitu hutan luruh. Di bagian utaranya tumbuh subur pohon-pohon pinus. Di sebelah timur ditumbuhi rerumputan yang tinggi. Sedangkan di bagian barat dan selatan ditumbuhi padang rumput yang pendek, dan di kawasan pedalaman California dan dekat Arizona ditumbuhi oleh vegetasi gurun.

Negara-negara bagian di kawasan selatan negara ini memiliki varietas pepohonan yang hijau sepanjang tahun. Tumbuhan palma dan tropis hidup di bagian selatan Florida dan California. Pohon- pohon  konifer  yang  tinggi  dan  besar-besar  (redwood)  banyak tumbuh di daerah Podzol pegunungan California, dan di bagian tengah dan selatannya merupakan lahan yang subur bagi budidaya buah-buahan dan sayuran.

Jenis fauna yang hidup di negeri Paman Sam antara lain: bison, antelop, beruang di kawasan Midwes, domba, bighom, rusa, di kawasan pegunungan; puma di pesisir pasifik, armadilo, selot, dan jaguar di kawasan barat daya; posium, oligator, buaya kardinal di kawasan selatan; dan karibu beruang kutub, anjing laut, paus di kawasan Alaska.

d. Keadaan penduduk

Jumlah penduduk Amerika Serikat terdiri orang-orang kulit putih, yang sebagian besar berasal dari Inggris dan Irlandia. Dari Afrika, orang-orang Negro juga merupakan pendatang yang cukup banyak. Selain itu, ada pula orang-orang Asia, seperti: Cina, India, Jepang, dan Vietnam. 

Orang Indian tidak lebih dari sejuta jiwa, sedangkan  orang  Eskimo  di  negara  bagian Alaska berjumlah sedikit saja. Ras  diskriminasi  juga  pernah  terjadi  di  negara  ini,  yang terutama dirasakan oleh orang-orang negro di bagian selatan.

e. Potensi ekonomi dan kegiatan perekonomian penduduk

Pembahasan kegiatan perekonomian penduduk akan diulas secara  region  per  region,  agar  kita memperoleh  gambaran hubungan antara bentuk kegiatan-kegiatan itu dengan potensi alamnya.

1) Daerah pantai pasifik


Hutan Fir Douglas dan cedar yang menutupi bagian utara daerah ini menjadikannya sebagai daerah penghasil kayu yang penting di AS. Iklimnya yang sejuk cocok untuk peternakan sapi perah. Bahan galian yang dihasilkan daerah ini ialah tembaga. 

Daerah California merupakan daerah pertanian yang menghasilkan buah-buahan dan sayuran. Daerah ini juga mengandung minyak bumi, emas, perak, dan tembaga. Los Angles terkenal dengan industri filmnya, dan San Francisco merupakan kota pelabuhan yang terkenal.

2) Daerah sistem Pegunungan Rocky


Di daerah ini terkandung bahan tambang seperti: tembaga, emas hitam, aluminium, emas, perak, dan seng. Birmingham di daerah ini merupakan pusat industri logam.

3) Bagian barat Sentral Plain


Satu-satunya  kegiatan  yang  cocok  di  daerah  ini  adalah peternakan.

4) Daerah dataran rendah


Yang dimaksud dengan daerah dataran rendah itu adalah daerah bagian sentral plain mulai dari daerah danau-danau besar ke arah selatan sampai dataran rendah teluk Meksiko, Semenanjung Florida,  dan  pantai  pasifik  bagian  selatan. Bagian  utara  daerah  ini  merupakan  pusat  kegiatan pertambangan, industri, perdagangan, dan transportasi.


5) Daerah paling timur: Appalachia dan dataran rendah pantai pasifik


Di  daerah  ini  terkandung  batubara,  terdapat  industri  besi, industri pesawat terbang, industri kertas, juga merupakan pusat perdagangan dan transportasi.

6) Alaska


Negara Amerika Serikat yang ke 49 ini memiliki kekayaan bumi berupa emas dan minyak bumi.

7) Hawaii


Merupakan daerah yang potensial bagi daerah pengembangan pertanian, karena daerahnya yang beriklim tropika.

Kawasan Kanada

a. Batas-batas kawasan

Kawasan Kanada paling selatan berada pada lintang 42°LU dan paling utara pada 72°LU.  Batas-batasnya  adalah  sebagai berikut:

Letak Geografis dan Astronomis, Batas-Batas, Bentang Alam, Iklim dan Keadaan Penduduk di Negara-Negara Amerika Utara (Amerika Serikat dan Kanada)
Peta Kanada

  1. Sebelah  utara  berbatasan  dengan Samudra Atlantik.
  2. Sebelah  barat  berbatasan  dengan Samudra Pasifik  Utara dan Alaska.
  3. Sebelah selatan berbatasan dengan Amerika Serikat.
  4. Sebelah timur berbatasan dengan Greenland dan Samudra Atlantik Utara.

b. Bentang alamnya

Kanada merupakan negara terluas di Amerika Utara yaitu sekitar 9.250.000 km 2 . Pantai utara negeri ini hampir tak pernah cair lautnya, kecuali teluk Hudson. Pantai barat Kanada merupakan hasil erosi glasial, sehingga berteluk sempit yang menjorok ke darat (fyord). 

Pantai timur Kanada merupakan teluk St. Lawrence yang diapit  dataran  tinggi  Labrador  di  utara  dengan  ujung  utara pegunungan Applachia di selatan teluk itu. Tepat di muka muara yang  berbentuk  corong  (estuarium)  itu  terletak pulau  New Founland. 

Secara morfologis, kita bagi wilayah Kanada itu terbagi atas tiga bagian, yaitu: kawasan pegunungan Rocky, kawasan dataran rendah sekitar teluk Hudson, dan sisanya adalah kepulauan di Laut Arktik.

c. Lokasi (iklim, flora, fauna)

Secara umum, kawasan Kanada terbagi ke dalam beberapa wilayah, yaitu:

  1. iklim laut, di wilayah Ontario selatan dan lembah St. Laurence;
  2. iklim pasifik merupakan iklim lunak di Kanada;
  3. iklim pegunungan terdapat di pegunungan Rocky Mountains, lembah dan plato;
  4. iklim kontinental terdapat di kawasan sub arktik;
  5. iklim kontinental wilayah Atlantik dan padang rumput; dan
  6. iklim arktik terjadi di kepulauan arktik dan ujung utara dataran utama Kanada.

d. Keadaan penduduk

Sebagian  besar  penduduk  yang  tinggal  di  sana  adalah keturunan Inggris (50%) dan Prancis (30%). Selebihnya adalah keturunan Jerman, Skandinavia, Belanda, Polandia, Italia, Cina, dan Jepang. Juga, ada di antaranya adalah penduduk Eskimo dan Indian.

e. Potensi ekonomi dan kegiatan perekonomian penduduk

Berdasarkan regionnya, potensi dan kegiatan perekonomian penduduk Kanada terbagi ke dalam dua daerah.

1) Daerah Pegunungan Rocky


Daerah ini kaya akan bahan galian, seperti: batubara, (di dekat Fernie), tembaga (di Britania Beach dan Kootenay), timah hitam dan seng (di Kootenay), dan emas (di bagian utara British Kolombia). Kota industrinya terletak di Trail.


2) Daerah perisai Kanada (Fennno Scandian Shield)


Daerah ini kurang baik untuk pertanian, karena tanahnya tipis, habis terkikis es. Akan tetapi batuannya kaya akan mineral berharga,  seperti:  Nikel,  tembaga,  kobalt,  dan  perak  (di Sudbudry, Ontario), emas (di daerah Timmin, Porcupine, dan di sekitar danau Kirkland), asbes (di Theaford), uranium (di daerah sungai Bind), bijih besi (di daerah Labrador). 

Sungai-sungai yang merupakan anak sungai St. Lawrence memiliki potensi pembangkit tenaga listrik berkekuatan tinggi. Sungai-sungai tersebut adalah S. Ottawa, S. Gatineau, S. St. Maurice, S. Saguenay. Dengan tenaga listrik itulah, Kanada mengembangkan industrinya di daerah aliran S. St. Lawrence, yaitu: industri alumunium, kertas, pulp, dan penggergajian kayu.