Pengertian, Macam-Macam Manfaat dan Keuntungan Serta Faktor-Faktor Pendorong Terjadinya Bisnis atau Perdagangan Internasional

Berikut ini akan dijelaskan tentang perdagangan internasional, pengertian perdagangan internasional, pengertian bisnis internasional, perdagangan luar negeri, artikel perdagangan internasional, kebijakan perdagangan internasional, manfaat perdagangan internasional, keuntungan perdagangan internasional, manfaat kerjasama ekonomi internasional, perdagangan antar negara, manfaat bisnis internasional, faktor perdagangan internasional, faktor-faktor pendorong perdagangan internasional, faktor terjadinya perdagangan internasional, macam-macam perdagangan internasional, jenis-jenis perdagangan internasional.

PERDAGANGAN INTERNASIONAL

Pengertian Perdagangan Internasional

Perdagangan merupakan kegiatan tukar-menukar barang atau jasa guna memenuhi kebutuhan bersama.

Perdagangan Internasional adalah suatu kegiatan tukar-menukar barang atau jasa yang didasarkan atas kehendak sukarela yang dilakukan antara dua negara atau lebih untuk memenuhi kebutuhan bersama melalui kegiatan ekspor dan impor.

Dari kegiatan ekspor impor tersebut dapat terjadi tiga kemungkinan yaitu :

  • Jumlah ekspor lebih besar daripada impor.
  • Jumlah ekspor lebih kecil daripada impor.
  • Jumlah ekspor setara dengan jumlah impor.

Manfaat Perdagangan Internasional

Dalam era globalisasi dari perdagangan bebas ini tidak satu pun negara yang hidup terisolasi tanpa mempunyai hubungan ekonomi dengan negara lain. 

Dengan demikian perdagangan internasional adalah merupakan suatu kebutuhan yang harus di penuhi oleh setiap negara.

Perdagangan Internasional akan memberikan beberapa manfaat sebagai berikut.

  1. Meningkatkan pendapatan negara, dengan adanya ekspor barang atau jasa maka akan memperoleh devisa, devisa merupakan sumber pendapatan negara.
  2. Memperluas lapangan pekerjaan, dengan adanya ekspor akan meningkatkan produksi dalam negeri, dan membuka kesempatan kerja baru.
  3. Mencukupi kebutuhan (barang dan jasa) yang belum/tidak dapat dipenuhi di dalam negeri. Dengan adanya impor barang atau jasa, maka akan dapat memenuhi kebutuhan di dalam negeri.
  4. Menjaga stabilitas harga dalam negeri. Kurangya produk dalam negeri akan mengakibatkan naiknya harga produk, hal ini (naiknya harga) bisa ditekan dengan adanya impor dari negara lain.
  5. Adanya alih teknologi, tidak semua negara mampu memproduksi produknya karena keterbatasan teknologi yang dimiliki. Dengan adanya perdagangan internasional keterbatasan teknologi tersebut dapat diatasi.
  6. Mendorong pertumbuhan/perkembangan dunia usaha. Adanya ekspor barang atau jasa akan menambah jumlah produk yang harus dihasilkan oleh perusahaan dunia usaha dalam negeri, ini berarti mendorong dunia usaha dalam negeri sebaliknya adanya impor (misal bahan baku) akan menggairahkan juga dunia usaha dalam negeri.

Faktor-Faktor yang Mendorong Terjadinya Perdagangan Internasional

Beberapa hal yang mendorong terjadinya perdagangan internasional, sebagai berikut.

a. Terwujudnya kemakmuran bagi masyarakat.


Adanya kegiatan ekspor, impor diarahkan untuk dapat meningkatkan masyarakat, sehingga terciptalah kemakmuran bagi masyarakat. Kegiatan ekspor tetap ditingkatkan.

b. Perbedaan sumber daya alam.


Perbedaan sumber daya alam misalnya Indonesia kaya karet, kopi, teh, beras dan lain-lain. Negara lain misalnya Jepang punya mobil Toyota, oleh karena masing-masing saling membutuhkan barang-barang tersebut maka terjadilah perdagangan internasional.

c. Adanya Spesifikasi


Adanya spesifikasi memungkinkan lebih efisiennya biaya produk, sehingga harga lebih murah walaupun suatu negara dapat menghasilkan sendiri, tetapi karena negara lain dipandang lebih murah maka hal ini dapat menyebabkan terjadinya perdagangan internasional.

d. Selera


Karena masyarakat Indonesia menginginkan (berselera) terhadap apel Amerika Serikat maka mengimpornya, padahal pemerintah Indonesia mampu menghasilkan buah-buahan. Demikian pula sebaliknya bagi masyarakat di luar negeri yang menginginkan/membutuhkan barang dari Indonesia.

e. Perbedaan Teknologi


Banyak negara yang sudah memiliki teknologi canggih, sebaliknya juga tidak jarang yang teknologinya rendah. Perbedaan teknologi yang dimiliki suatu negara akan mendorong terjadinya perdagangan internasional.

Macam-Macam Perdagangan Internasional

Bilamana dilihat dari kawasan-kawasan atau negara-negara yang terlibat dalam perdagangan internasional, maka perdagangan internasional dapat dibedakan menjadi 3 yaitu:

  1. Perdagangan Bilateral, Adalah perdagangan yang dilakukan antardua negara.
  2. Perdagangan Regional, Adalah perdagangan yang dilakukan oleh negara-negara yang berada dalam satu kawasan tertentu, misalnya negara-negara ASEAN.
  3. Perdagangan Multilateral, Adalah perdagangan yang dilakukan oleh lebih dari dua negara yang tidak terbatas pada kawasan tertentu.