Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rumus dan Contoh Soal Gerak Vertikal ke Bawah pada GLBB

Berikut ini akan kita bahas gerak lurus berubah beraturan, GLBB, contoh glbb, glbb fisika, contoh glbb dalam kehidupan sehari hari, gerak lurus berubah beraturan glbb, rumus glbb, contoh soal glbb, gerak vertikal ke bawah, contoh soal gerak vertikal ke bawah.

Gerak Vertikal ke Bawah

Setiap benda yang dilepas dari suatu ketinggian tertentu dekat permukaan Bumi, akan jatuh ke permukaan Bumi. Hal ini terjadi karena terdapat medan gravitasi Bumi yang menyebabkan benda selalu jatuh ke permukaan Bumi. 

Benda yang jatuh secara vertikal dapat memiliki kecepatan konstan jika hambatan udara dapat diabaikan. Benda yang jatuh dapat memiliki kecepatan awal ataupun tidak. Benda yang tidak memiliki kecepatan awal (v = 0) disebut benda bergerak jatuh bebas. 

Anda akan dapat lebih memahami pergerakan benda tanpa kecepatan awal dengan mempelajari contoh soal berikut.

Contoh Soal 1:
Sebuah benda dijatuhkan dari sebuah gedung yang memiliki ketinggian 45 m (g = 10 m/s2). Tentukan:
a. waktu tempuh benda hingga mencapai tanah, dan
b. kecepatan saat menyentuh tanah.

Jawaban:
Diketahui: y0 = 45 m, dan
                  g = 10 m/s2.

Oleh karena gerak jatuh bebas bergerak secara vertikal, perpindahan disimbolkan dengan y dan y0, yang diambil dalam koordinat kartesius dalam arah vertikal. 

Selanjutnya, percepatan diubah menjadi percepatan gravitasi (g) karena percepatan yang dialami selama gerak jatuh bebas adalah percepatan gravitasi.

a. Dengan menggunakan Persamaan (3–9), diperoleh:
Rumus dan Contoh Soal Gerak Vertikal ke Bawah pada GLBB

b. Dengan menggunakan Persamaan (3–7), diperoleh:
Rumus dan Contoh Soal Gerak Vertikal ke Bawah pada GLBB
Gerak vertikal ke bawah yang memiliki kecepatan awal dapat Anda temukan contohnya dalam kehidupan sehari-hari misalnya, Anda melemparkan sebuah benda dari gedung bertingkat. 

Benda akan memiliki kecepatan awal dari hasil lemparan Anda. Dapatkah Anda memberikan contoh gerak vertikal kebawah lainnya dalam kehidupan sehari-hari? Perhatikan contoh soal berikut.

Contoh Soal 2:
Sebuah benda dilemparkan dari sebuah gedung yang tingginya 20 m. Benda tersebut tiba di tanah pada selang waktu 5 sekon (g = 10 m/s2). Tentukanlah kecepatan yang diberikan kepada benda tersebut.
Rumus dan Contoh Soal Gerak Vertikal ke Bawah pada GLBB
Tanda negatif menunjukkan bahwa kecepatan bergerak ke bawah. Soal ini dapat diselesaikan juga dengan menggunakan dua persamaan lainnya. Coba Anda kerjakan di dalam buku latihan Anda.