Fisika  

Rumus dan Contoh Soal Gerak Vertikal ke Atas pada GLBB

Berikut ini akan kita bahas gerak lurus berubah beraturan, GLBB, contoh glbb, glbb fisika, contoh glbb dalam kehidupan sehari hari, gerak lurus berubah beraturan glbb, rumus gerak vertikal, contoh soal gerak vertikal, gerak vertikal ke atas, rumus gerak vertikal ke atas, contoh soal gerak vertikal ke atas.

Gerak Vertikal ke Atas

Coba Anda lemparkan sekeping uang logam ke atas atau air mancur di taman yang meluncur. Amati apa yang terjadi pada uang logam dan air mancur tersebut. Mengapa ketika sekeping uang dilemparkan ke atas kecepatannya makin berkurang? Gerak yang Anda lakukan adalah gerak vertikal ke atas.

Gerak ini memiliki kecepatan awal saat akan bergerak dan kecepatannya berkurang karena dipengaruhi oleh medan gravitasi Bumi. Pada titik tertinggi, benda berhenti sesaat sehingga nilai vt = 0 dan benda akan jatuh secara bebas hingga benda tersebut mencapai tanah. Perhatikan contoh soal berikut.

Contoh Soal:

Sebuah benda dilemparkan vertikal ke atas dengan kecepatan awal 10 m/s.

Tentukanlah:

a. waktu untuk mencapai tinggi maksimum, dan

b. tinggi maksimum.

Jawaban:

Rumus dan Contoh Soal Gerak Vertikal ke Atas pada GLBBRumus dan Contoh Soal Gerak Vertikal ke Atas pada GLBB

Demikianlah pembahasan materi Fisika kita pada kesempatan kali ini semoga artikel ini dapat memberi manfaat untuk para pembaca semua. Salam Sukses,,,,