Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Gangguan Penyakit atau Kelainan Pada Sistem Ekskresi Manusia

Berikut ini akan dijelaskan tentang sistem ekskresi pada manusia, gangguan pada sistem ekskresi manusia, penyakit pada sistem ekskresi, kelainan pada sistem ekskresi, gangguan pada sistem ekskresi, penyakit pada sistem ekskresi manusia, penyakit sistem ekskresi, penyakit ekskresi, penyakit pada sistem ekskresi ginjal, gangguan sistem ekskresi, penyakit ekskresi pada manusia, kelainan pada sistem ekskresi manusia, kelainan sistem ekskresi, gangguan sistem ekskresi pada manusia, penyakit pada alat ekskresi, nefritis, diabetes insipidus, diabetes melitus, albuminuria, poliuria, oligouria, hematuria, batu ginjal, uremia, hepatitis.

Kelainan dan Gangguan pada Sistem Ekskresi Manusia

Ginjal manusia dapat mengalami gangguan dan kelainan karena berbagai hal. Misalnya, karena serangan bakter, tumor atau karena pembentukan batu ginjal. Jenis-jenis kelainan tersebut, antara lain:

Nefritis

Nefritis merupakan keadaan dimana nefron mengalami peradangan yang disebabkan infeksi bakteri Streptococcus. 

Nefritis menyebabkan protein tidak dapat disaring sehingga urin yang dikeluarkan akan mengandung protein.

Diabetes insipidus

Diabetes insipidus merupakan penyakit yang ditandai dengan urin yang dikeluarkan banyak, karena kekurangan ADH. Hal ini menyebabkan dehidrasi, rasa haus terus menerus, dan tekanan darah rendah.

Diabetes melitus

Penderita penyakit diabetes melitus akan mengeluarkan urin yang mengandung glukosa. Hal ini disebabkan karena kekurangan hormon insulin yang mempunyai fungsi mengatur kadar gula darah. Penderita akan selalu merasa haus.

Albuminuria

Albuminuria merupakan suatu keadaan dimana urin yang dikeluarkan mengandung protein dan albumin. Hal ini disebabkan karena sel-sel pada ginjal mengalami infeksi.

Poliuria

Poliuria merupakan kondisi dimana urin yang diproduksi berlebihan. Hal ini terjadi karena adanya gangguan proses reabsorpsi di tubulus proksinal.

Oligouria

Oligouria adalah suatu keadaan dimana produksi urin menurun atau urin tidak diproduksi (anuria). Hal ini terjadi karena adanya kerusakan pada ginjal.

Hematuria

Hematuria adalah suatu keadaan dimana urin yang diproduksi mengandung sel-sel darah merah.

Batu Ginjal

Kelainan yang disebabkan adanya endapan garam kalsium di dalam pelvis renalis, tubulus, atau vesika urinaria sehingga urin susah keluar dan timbul rasa nyeri. Hal ini disebabkan karena kurangnya konsumsi air.

Uremia

Uremia adalah keadaan dimana urin terbawa ke aliran darah. Hal ini disebabkan karena adanya kebocoran pada saluran di nefron.

Hepatitis

Hepatitis suatu penyakit dimana hati mengalami peradangan yang disebabkan karena infeksi virus. Jenis hepatitis ada tiga macam, yaitu hepatitis A, B, C.