Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Fungsi dan Cara Kerja Bagian-Bagian Alat Optik Kamera

Berikut ini merupakan artikel yang akan menjelaskan alat-alat optik, alat optik, alat optik kamera, kamera, pengertian kamera, bagian bagian kamera, bagian kamera , bagian bagian dari kamera, bagian bagian kamera beserta fungsinya, bagian dari kamera, bagian lensa kamera, gambar bagian bagian kamera, lensa cembung, film, prinsip kerja kamera, cara kerja kamera, cara kerja lensa kamera.

Bagian-Bagian dan Fungsi Kamera

Kamera merupakan alat optik yang menyerupai mata. Elemen-elemen dasar lensa adalah sebuah lensa cembung, celah diafragma, dan film (pelat sensitif). 

Lensa cembung berfungsi untuk membentuk bayangan benda, celah diafragma berfungsi untuk mengatur intensitas cahaya yang masuk, dan film berfungsi untuk menangkap bayangan yang dibentuk lensa. 

Film terbuat dari bahan yang mengandung zat kimia yang sensitif terhadap cahaya (berubah ketika cahaya mengenai bahan tersebut). Pada mata, ketiga elemen dasar ini menyerupai lensa mata (lensa cembung), iris (celah diafragma), dan retina (film). 
Fungsi dan Cara Kerja Bagian-Bagian Alat Optik Kamera

Prinsip kerja kamera secara umum sebagai berikut. Objek yang hendak difoto harus berada di depan lensa. Ketika diafragma dibuka, cahaya yang melewati objek masuk melalui celah diafragma menuju lensa mata. 

Lensa mata akan membentuk bayangan benda. Supaya bayangan benda tepat jatuh pada film dengan jelas maka letak lensa harus digeser-geser mendekati atau menjauhi film. 

Mengeser-geser lensa pada kamera, seperti mengatur jarak fokus lensa pada mata (akomodasi). Diagram pembentukan bayangan pada kamera ditunjukkan seperti gambar diatas.