Fungsi dan Cara Kerja Bagian-bagian Alat Optik Kaca Pembesar serta Rumus dan Contoh Soal Pembesaran Lup

Alat optik kaca pembesar merupakan salah satu alat yang banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Alat ini berfungsi untuk memperbesar objek yang sulit dilihat dengan mata telanjang. Pembesaran dilakukan dengan menggunakan lensa konveks yang terdapat pada alat optik kaca pembesar. Selain itu, alat ini juga memiliki beberapa bagian yang perlu diketahui untuk mengetahui cara kerjanya. Berikut ini adalah fungsi dan cara kerja bagian-bagian alat optik kaca pembesar serta rumus dan contoh soal pembesaran lup.

Bagian-bagian Alat Optik Kaca Pembesar

Alat optik kaca pembesar terdiri dari beberapa bagian, yaitu:

1. Lensa Objektif

Lensa objektif berfungsi untuk memperbesar objek yang akan diamati. Lensa ini memiliki sifat konveks atau cembung dan biasanya terbuat dari kaca atau plastik. Semakin besar ukuran lensa, semakin besar pula kemampuan pembesaran yang dimiliki oleh alat optik kaca pembesar.

2. Lensa Okuler

Lensa okuler berfungsi untuk memperbesar gambar yang dihasilkan oleh lensa objektif. Lensa ini biasanya terletak di bagian ujung alat optik kaca pembesar dan memiliki sifat konveks atau cekung. Ukuran lensa okuler lebih kecil dibandingkan dengan lensa objektif.

3. Tubus

Tubus merupakan rangkaian pipa yang menghubungkan lensa objektif dengan lensa okuler. Tubus memiliki fungsi untuk menjaga jarak antara kedua lensa tetap sesuai dengan jarak fokusnya.

4. Bodi

Bodi merupakan kerangka luar alat optik kaca pembesar yang berfungsi sebagai penahan dan pelindung bagi seluruh bagian alat optik kaca pembesar.

5. Fokus

Fokus merupakan jarak antara lensa objektif dengan sampul lensa okuler. Jarak inilah yang menentukan besarnya pembesaran yang akan dihasilkan oleh alat optik kaca pembesar.

6. Lensa Bantu

Lensa bantu adalah lensa yang digunakan untuk membantu lensa objektif atau lensa okuler dalam memperbesar objek. Lensa bantu biasanya terletak di antara lensa objektif dan lensa okuler atau pada bagian depan lensa objektif.

Cara Kerja Alat Optik Kaca Pembesar

Cara kerja alat optik kaca pembesar sangat sederhana. Ketika objek dilihat melalui lensa objektif, cahaya dari objek tersebut akan dipantulkan dan dibiaskan oleh lensa objektif. Kemudian cahaya tersebut akan diperbesar dan diarahkan ke lensa okuler melalui tubus. Lensa okuler akan memperbesar gambar yang dihasilkan oleh lensa objektif sehingga objek akan terlihat lebih besar dan jelas.

Rumus Pembesaran Lup

Pembesaran lup dapat dihitung dengan menggunakan rumus:

Pembesaran = fokus lensa objektif / fokus lensa okuler

Contoh:

Jika fokus lensa objektif adalah 15 cm dan fokus lensa okuler adalah 5 cm, maka pembesaran lup adalah:

Pembesaran = 15 cm / 5 cm = 3 kali

Contoh Soal Pembesaran Lup

Contoh soal pembesaran lup adalah sebagai berikut:

Sebuah alat optik kaca pembesar memiliki fokus lensa objektif sebesar 10 cm dan fokus lensa okuler sebesar 2 cm. Tentukan pembesaran lup pada alat optik tersebut.

Jawab:

Pembesaran = fokus lensa objektif / fokus lensa okuler

Pembesaran = 10 cm / 2 cm = 5 kali

Jadi, pembesaran lup pada alat optik kaca pembesar tersebut adalah 5 kali.

Kesimpulan

Alat optik kaca pembesar berfungsi untuk memperbesar objek yang sulit dilihat dengan mata telanjang. Alat ini terdiri dari beberapa bagian, yaitu lensa objektif, lensa okuler, tubus, bodi, fokus, dan lensa bantu. Cara kerja alat optik kaca pembesar sangat sederhana. Pembesaran lup dapat dihitung dengan menggunakan rumus pembesaran = fokus lensa objektif / fokus lensa okuler. Dalam penghitungan pembesaran lup, perlu diperhatikan jarak antara lensa objektif dengan lensa okuler.