Efek Mematikan dan Akibat Berbahaya dari Penyalahgunaan Narkoba Terhadap Kesehatan

Berikut ini adalah artikel yang akan membahas tentang artikel bahaya narkoba, narkoba, narkoba, bahaya penyalahgunaan narkoba, bahaya narkoba, penyalahgunaan narkoba, bahaya narkoba bagi kesehatan, dampak penyalahgunaan narkoba, dampak narkoba bagi kesehatan, akibat memakai narkoba, akibat penyalahgunaan narkoba, pengaruh narkoba terhadap kesehatan.

Bahaya Penyalahgunaan Narkoba

Efek Mematikan dan  Akibat Berbahaya dari Penyalahgunaan Narkoba Terhadap Kesehatan

Penggunaan salah satu atau beberapa jenis narkoba, yang dilakukan secara berkala di luar tujuan pengobatan dan penelitian, sehingga menimbulkan gangguan kesehatan jasmani, jiwa (mental) dan fungsi sosial.

Bahaya terhadap fisik

a. Akan menimbulkan ketagihan/ketergantungan

b. Menganggu mental

c. Menganggu kesehatan

d. Cenderung menjadi pelaku kejahatan

e. Mengakibatkan kematian

f. Memupus Imtaq

Kerusakan fungsi sistim syaraf pusat (otak)

Otak adalah bagian terpenting dalam system syaraf pusat sehingga otak dilindungi oleh tulang tengkorak yang sangat kuat. 

Waspadalah penyalahgunaan narkoba dapat merusak dan membahayakan jaringan fungsi system syaraf pusat (otak). 

Efek Mematikan dan  Akibat Berbahaya dari Penyalahgunaan Narkoba Terhadap Kesehatan

Otak terbuat dari bahan yang sangat halus dan lunak, dalam hal ini dilakukan milyaran pesan-pesan elektronik yang menggerakan seluruh tubuh dan mengendalikan berbagai fingsi penting seperti jantung, paru-paru, kelenjar hormon dan pencernaan.

Disamping itu juga terdapat kemampuan berbahasa, melakukan berbagai pemecahan masalah secara logis/rasional mengenai berbagai cita rasa benda dan cairan yang masuk ke dalam mulut dan menyentuh lidah, mengenali berbagai jenis bebauan dari gas atau udara yang masuk ke rongga hidung, mengingat sesuatu yang pernah dipelajari dan ribuan fungsi Iainnya.

Untuk itu sistem syaraf pusat (otak) adalah bagian tubuh yang memberi “hidup” pada kita yang harus kita jaga dengan sangat hati-hati.

Penggunaan narkoba sangat membahayakan fungsi sistem syaraf pusat. Maka harus dicegah sedini mungkin dengan menjauhi narkoba. Selain itu narkoba juga bisa mengakibatkan kondisi-kondisi seperti berikut ini:

Terjadi infeksi akut otot jantung, gangguan peredaran darah. Jantung sebagian alat hidup tubuh kita setiap detik jantung memompakan darah keseluruh tubuh kita, terganggunya alat pompa darah kita karena narkoba berarti fungsi kesehatan, kekebalan tubuh kita sedikit demi sedikit akan hilang dan rusak.

Efek Mematikan dan  Akibat Berbahaya dari Penyalahgunaan Narkoba Terhadap Kesehatan

Menggunakan jarum suntik secara sembarangan rentan terhadap penyakit. Gangguan pada paru-paru, sukar bernapas, sesak napas dan penyakit-penyakit paru-paru lainnya.

Susah buang air besar karena kinerja saluran cerna pada lambung, usus besar. Mudah terinfeksi TBC, HIV/AIDS, Hepatitis, infeksi ginjal/ saluran kencing, peradangan pada otot, dan kinerja jantung terganggu serta Daya tahan tubuh/lemah.