Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Peranan Protista Mirip Hewan dan Jamur Dalam Kehidupan

Berikut ini akan dijelaskan tentang peran protista, peranan protista dalam kehidupan, peranan protista bagi kehidupan, peranan protista mirip hewan, peranan protista mirip jamur, peran protista, phytophtora infestans, entamoeba histolytica, entamoeba coli, entamoeba gingivalis, chlorophyta, dinoflagellata, alga bloom, red tide, trypanosoma, plasmodium.

Protista dalam kehidupan manusia dapat memberikan keuntungan dan kerugian. Banyak anggota dari kingdom ini bersifat parasit, baik bagi manusia maupun makhluk hidup lain. 

Berikut tabel tentang beberapa manfaat lain dari anggota kingdom Protista.
Peranan Protista Mirip Hewan dan Jamur Dalam Kehidupan

Phytophtora infestans merupakan Protista mirip jamur yang menginfeksi tanaman kentang sehingga menyebabkan gagal panen dan kelaparan yang hebat di Irlandia pada abad ke-19. 

Protista mirip hewan juga kerap menyebabkan masalah bagi manusia. Entamoeba histolytica, Entamoeba coli, dan Entamoeba gingivalis merupakan organisme penyebab beberapa penyakit sekitar mulut dan pencernaan. 

Chlorophyta dan Dinoflagellata mampu menyebabkan kematian ribuan ikanikan di danau atau sungai yang disebut alga bloom dan red tide. 

Trypanosoma merupakan parasit pada hewan dan manusia yang menyebabkan penyakit tidur di Afrika. Salah satu anggota kingdom Protista yang cukup berbahaya adalah Plasmodium, penyebab penyakit malaria. 

Walaupun demikian, terdapat banyak manfaat dari anggota Protista. Manfaat terbesar adalah sebagai penghasil oksigen dan sebagai produsen terbesar di laut.