Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Peranan dan Manfaat Jamur atau Fungi yang Terdapat dalam Jamur Shitake, Jamur Kuping, dan Jamur Merang Bagi Kehidupan Manusia

Berikut ini kita akan membahas mengenai peranan jamur,peranan fungi, peranan jamur dalam kehidupan manusia, peranan jamur bagi kehidupan manusia, peranan jamur bagi manusia, peranan fungi dalam kehidupan, manfaat jamur, manfaat jamur bagi kehidupan manusia, manfaat jamur bagi manusia, peranan jamur dalam kehidupan, jamur shitake, jamur kuping, jamur merang.

Peranan dan Manfaat Jamur bagi Kehidupan Manusia

Jamur memiliki peranan yang cukup penting bagi manusia. Jamur kancing merupakan sumber protein bagi manusia. 
Peranan dan Manfaat Jamur atau Fungi yang Terdapat dalam Jamur Shitake, Jamur Kuping, dan Jamur Merang Bagi Kehidupan Manusia
Beberapa Peranan dan Manfaat Jamur bagi Kehidupan Manusia
a. tempe; b. makanan kaleng; c. kuping; d. jamur tiram

Ada pula fungsi jamur lain yang tidak terlihat, tetapi tak kalah pentingnya, yaitu sebagai pengurai. Peran ini sangat penting bagi ekosistem. 

Aktivitas ekstraselulernya membuat jamur berperan dalam menguraikan senyawa organik menjadi anorganik seperti karbon, nitrogen, fosfor, dan mineral lain yang dapat dipergunakan organisme lain.

Pada manusia, beberapa jamur dapat menyebabkan penyakit seperti jamur kaki, histoplasmosis (penyakit pada paru-paru), dan infeksi organ kelamin wanita. 

Jamur juga menyebabkan penyakit pada tanaman ladang. Jamur parasit dapat menyerang hama serangga atau Arthropoda lainnya sehingga dapat digunakan sebagai pengendali hama. 

Petani yang ingin mengurangi kebergantungan mereka terhadap pestisida yang beracun, berbahaya, dan mahal dapat mengganti metode menggunakan pengendali biologi yang berasal dari jamur. Jamur dapat menghasilkan antibiotik. Jamur juga berperan dalam memberikan nutrisi bagi manusia. 

Selain jamur yang dapat langsung dimakan, seperti jamur merang, jamur kuping, dan jamur shitake, jamur juga dapat digunakan untuk membuat roti, mengubah jus anggur menjadi minuman anggur, membuat tape, membuat keju, dan pembuatan tempe.