Peran Rumah Tangga Konsumen (RTK) dalam Konsep Ilmu Kegiatan Ekonomi

Berikut ini penjelasan mengenai konsep ekonomi, konsep ilmu ekonomi, kegiatan ekonomi, peran konsumen dan produsen, rumah tangga konsumen, RTK, peran rumah tangga konsumen.

Peran Rumah Tangga Konsumen

Pada umumnya pelaku kegiatan ekonomi terdiri atas rumah tangga konsumen (RTK), rumah tangga produsen (RTP), pemerintah dan masyarakat luar negeri. pelaku ekonomi sebagai subjek yang menjalankan kegiatan ekonomi, mempunyai peran yang berbeda satu sama lain. 

Dari perbedaan peran itu menimbulkan hubungan atau interaksi satu dengan lainnya. Pernahkah kalian mendengar RTK, RTP, pemerintah dan masyarakat luar negeri? Apa saja peran mereka dalam perekonomian? Coba perhatikan penjelasan berikut ini.

Rumah Tangga Konsumen (RTK)

Gambar berikut ini adalah gambar para pekerja tambang minyak. Faktor produksi apa yang disediakan tenaga kerja tersebut? 

Peran Rumah Tangga Konsumen (RTK) dalam Konsep Ilmu Kegiatan Ekonomi
Perusahaan Produsen

Kompensasi/ imbalan apakah yang akan diperolehnya apabila ia menyediakan faktor produksi tersebut? Apakah mereka juga mengonsumsi hasil produksi perusahaan tambang minyak tersebut?

Rumah tangga konsumen adalah individu atau kelompok manusia yang mengkonsumsi barang dan jasa yang dihasilkan oleh produsen. 

Rumah Tangga Konsumen (RTK) atau biasa disebut rumah tangga merupakan sebuah keluarga yang terdiri atas suami, istri dan anak serta anggota keluarga lainnya, yang setiap hari melakukan kegiatan ekonomi guna memenuhi kebutuhan keluarga.

Pada dasarnya kita adalah konsumen yang setiap hari mulai dari bangun tidur sampai dengan tidur lagi bahkan ketika sedang tidur pun melakukan kegiatan konsumsi. Makan, mandi, berpakaian, bekerja, dan semua aktivitas kita pada dasarnya adalah konsumsi. 

Bisakah kalian jelaskan apa sebabnya makan, minum, berpakaian, bekerja dan aktivitas lain pada dasarnya adalah konsumsi? 

Pasti kalian akan menjawab, tentu bisa. Sebab makan, minum, berpakaian, bekerja, tidur, mandi dan kegiatan lainnya yang kita lakukan adalah dalam rangka menggunakan barang/jasa baik dengan menghabiskan sekaligus atau mengurangi nilai gunanya.

Kelompok rumah tangga konsumen berperan melakukan kegiatan sebagai berikut.

  1. Menyediakan faktor-faktor produksi (alam, tenaga kerja, modal dan skill) dan menjualnya kepada Rumah Tangga Produksi.
  2. Memperoleh imbalan (kompensasi) atas faktor produksi yang telah diberikan. Imbalan tersebut berupa upah/gaji dari menjual tenaga, sewa dari penyewaan tanah atau gedung, bunga dari hasil jasa modal, dan laba atau keuntungan dari keahlian untuk menghimpun usaha.
  3. Bertindak mengkonsumsi (membeli) barang dan jasa.
  4. Membayar pajak kepada pemerintah.
  5. Membelanjakan penghasilan untuk membeli barang/jasa yang dihasilkan produsen.

Baca Juga Selanjutnya:  Peran Rumah Tangga Perusahaan (RTP)