Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian, Cara Membuat dan Contoh Persamaan Reaksi Kimia

Berikut ini merupakan pembahasan mengenai reaksi kimia, persamaan reaksi kimia, pengertian persamaan reaksi, pengertian persamaan reaksi kimia, pengertian reaksi kimia, cara membuat persamaan reaksi kimia, contoh persamaan reaksi, contoh persamaan reaksi kimia.

Persamaan Reaksi Kimia

Setelah Anda memahami tata nama berbagai senyawa kimia, tentunya akan ada banyak hasil produk jika senyawa kimia tersebut direaksikan satu sama lain. Bagaimana cara penulisan suatu reaksi kimia? Apa yang dimaksud dengan persamaan reaksi kimia? 

Anda akan memahaminya setelah mempelajari penjelasan berikut.

Pengertian Persamaan Reaksi Kimia

Suatu persamaan reaksi kimia dapat ditulis dengan dua cara, yaitu persamaan perkataan dan persamaan simbol. Persamaan perkataan adalah persamaan kimia yang memberi nama pereaksi-pereaksi dan nama hasil reaksinya, misalnya hidrogen bereaksi dengan oksigen menghasilkan air. 

Persamaan simbol adalah suatu singkatan dalam menguraikan suatu reaksi kimia. Simbol ini menggunakan rumus kimia dari pereaksi-pereaksi dan hasil reaksi, serta menggunakan tanda tambah (+) dan tanda panah (⎯⎯→). 

Persamaan reaksi ini menggambarkan hubungan zat-zat yang terlibat sebelum dan sesudah reaksi, baik secara kualitatif maupun secara kuantitatif.

Menulis Persamaan Reaksi Kimia

Dalam mempelajari kimia, diperlukan suatu persamaan reaksi kimia sebagai simbol adanya suatu reaksi kimia. Penulisan persamaan reaksi membutuhkan aspek kuantitatif dan aspek kualitatif.
Pengertian, Cara Membuat dan Contoh Persamaan Reaksi Kimia
Langkah-langkah penulisan persamaan reaksi kimia
Aspek kuantitatif diperlukan dalam menyetarakan koefisien pereaksi dan hasil reaksi berdasarkan hukum kekekalan massa, yaitu jumlah massa sebelum reaksi sama dengan jumlah massa sesudah reaksi. 

Dengan demikian, reaksi dapat menunjukkan jumlah setiap zat yang terlibat dalam reaksi. Satu mol adalah banyaknya zat yang mengandung partikelpartikel zat itu sebanyak atom yang terkandung dalam 12 gram 12C sebanyak 6,023 × 1023 (tetapan Avogrado). 

Anda akan mempelajari konsep mol lebih mendalam pada pembahasan selanjutnya. Contoh persamaan reaksi antara hidrogen dan oksigen sebagai berikut.

2 H2(g) + O2(g) → 2 H2O(g)

Persamaan reaksi kimia tersebut menunjukkan bahwa “2 mol hidrogen bereaksi dengan 1 mol oksigen menghasilkan 2 mol air”.

Aspek kualitatif diperlukan dalam memberi tanda (simbol) sifat fisik dari pereaksi-pereaksi dan hasil reaksi, yaitu:

  • untuk zat padatan diberi simbol solid (s);
  • untuk zat cair diberi simbol liquid (l);
  • untuk zat bentuk gas diberi simbol gases (g); dan
  • untuk zat larutan diberi simbol aqueous (aq).

Langkah-langkah penulisan suatu persamaan reaksi dapat ditulis sebagai berikut.
Misalkan dari persamaan perkataan:

klorin + kalium bromida → kalium klorida + bromin