Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Mempelajari Keanekaragaman Hayati bagi Kehidupan Manusia

Berikut ini akan kita bahas tentang manfaat keanekaragaman hayati, manfaat keanekaragaman hayati bagi manusia, manfaat keanekaragaman hayati bagi kehidupan, manfaat mempelajari keanekaragaman hayati.


Manfaat Keanekaragaman Hayati bagi Kehidupan Manusia

Untuk dapat memanfaatkan kekayaan alam yang telah kita miliki ini, kita harus memiliki pengetahuan yang memadai terhadap sumber kekayaan alam di Indonesia. Dengan begitu, kita dapat memanfaatkannya sebaik mungkin untuk kemajuan bangsa, bahkan mungkin untuk dunia.

Pengetahuan tentang kekayaan alam tersebut tentunya harus diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Dengan demikian, kita juga memiliki pengetahuan tentang bagaimana memanfaatkan kekayaan yang kita miliki tersebut. 

Karena jika pemanfaatannya dilakukan secara sembarangan, bukan tidak mungkin kekayaan alam yang kita miliki menjadi berkurang ataupun hilang. 

Keanekaragaman hayati dalam kehidupan sehari-hari oleh manusia dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan, di antaranya kebutuhan sandang, pangan, papan, dan obat-obatan. 

Pemanfaatan untuk kebutuhan, pangan atau sebagai bahan makanan, contohnya sebagai sayuran, buah-buahan, dan daging. 

Adapun untuk kebutuhan sandang sebagai bahan pakaian. Contohnya kapas, bulu hewan, dan kulit hewan. Pemanfaatan untuk pemenuhan kebutuhan papan atau tempat tinggal, contohnya kayu jati, meranti, dan albasia. 
Manfaat Mempelajari Keanekaragaman Hayati bagi Kehidupan Manusia
Manfaat Mempelajari Keanekaragaman Hayati bagi Kehidupan Manusia
Tabel Tanaman Yang Berpotensi Menjadi Obat Modern
Selain dimanfaatkan untuk sandang, pangan, dan papan, pemanfaatan keanekaragaman hayati dapat digunakan untuk obat-obatan dan kosmetik. 

Indonesia dengan hutan tropisnya menyimpan banyak potensi tanaman obat. Berikut tabel tanaman obat yang berpotensi sebagai sumber obat modern di Indonesia.