Klasifikasi Kingdom Protista Mirip Jamur dan Contohnya

Berikut ini akan kita bahas tentang protista, kingdom of protista, kingdom protista, klasifikasi protista, protista mirip jamur, spesies myxomycota, acrasiomycota, oomycota, jamur air, water molds, white rust, downy mildew, saprolegnia.

Kingdom Protista

Pada pembahasan sebelumnya, kita telah mempelajari tentang virus dan kingdom Monera. Menarik, bukan? Keduanya merupakan makhluk hidup yang sangat kecil (mikroskopis). Adakah kelompok makhluk hidup lain yang beragam ukurannya?

Apakah Anda pernah mengonsumsi jamur? Bagaimana rasanya, enak bukan? Jika diolah dengan baik, masakan jamur akan terasa seperti daging ayam, terutama jamur tiram. Hal tersebut dikarenakan jamur memiliki protein glikogen yang mirip terdapat pada daging. 

Oleh karena itu, masakan jamur sering digunakan sebagai pengganti daging oleh para vegetarian atau orang yang tidak memakan daging. 

Apakah manfaat kingdom Protista dan kingdom Fungi hanya sebatas untuk dikonsumsi manusia? Tentu tidak, masih banyak manfaat dari kingdom Protista dan kingdom Fungi.

Pada pembahasan kali ini, kita akan mengenal kedua kingdom tersebut lebih jauh, baik itu ciri-cirinya maupun manfaatnya. Oleh karenanya, pahamilah kandungan pembahasan ini dengan penuh semangat.

Kingdom Protista sangat berbeda dengan kingdom lainnya. Beberapa Protista adalah autrotof dan beberapa lagi adalah heterotrof. Respirasi pada Protista terjadi secara aerobik. Hidup bebas di laut, air tawar, atau parasit pada makhluk hidup lain. 

Walaupun pada umumnya Protista adalah makhluk hidup uniseluler, namun terdapat juga Protista yang multiseluler, seperti ganggang laut. Apakah Anda tahu contoh lainnya?

Anda mungkin bertanya-tanya mengapa Protista tidak dikelompokkan dalam kingdom Monera meski keduanya secara umum merupakan makhluk hidup satu sel. 

Hal ini dikarenakan Protista berbeda dengan Monera dalam hal struktur inti sel. Pada Protista, selnya sudah mempunyai membran inti atau disebut organisme eukariotik. Bagaimana dengan Monera?

Klasifikasi Protista

Organisme anggota Protista bersifat autrotrof, heterotrof, dan ada juga yang mendapatkan makanannya secara bervariasi bergantung kondisi lingkungan saat itu. Protista dapat ditemukan di air tawar, air laut, dan bersimbiosis dengan makhluk hidup lain. 

Keanekaragaman habitat dan cara hidup Protista membuatnya sulit diklasifikasikan ke dalam kelompok hewan maupun tumbuhan. Saat ini, Protista dapat dibagi menjadi tiga kategori, yaitu Protista mirip jamur, Protista mirip tumbuhan, dan Protista mirip hewan (Campbell, 1998: 522).

a. Protista Mirip Jamur

Dahulu Protista mirip jamur sering dikelompokkan ke dalam kingdom Fungi, namun sekarang pada umumnya para ahli telah mengelompokkannya ke dalam kingdom Protista. Protista mirip jamur menghabiskan sebagian besar waktu hidupnya dalam bentuk uniseluler. 

Akan tetapi, Protista mirip jamur dapat bergabung dan berkelompok sehingga membentuk organisme multiseluler. Dalam keadaan tersebut, Protista mirip jamur mengalami masa transisi dari uniseluler menuju multiseluler.

Protista mirip jamur atau yang lebih dikenal dengan jamur lendir memiliki susunan sel, cara reproduksi, dan siklus hidup yang berbeda dari jamur. 

Berdasarkan perbandingan molekuler, jamur lendir mirip dengan beberapa alga walaupun jamur lendir tidak memiliki kloroplas. Protista mirip jamur terdiri atas tiga filum, yaitu Myxomycota, Acrasiomycota, dan Oomycota.


1) Myxomycota

Filum Myxomycota terdiri atas jamur lendir. Anggota Myxomycota biasanya memiliki pigmen kuning atau oranye dan bersifat heterotrof. Myxomycota memiliki fase amoeboid berinti banyak dan tidak dibatasi dinding kuat yang disebut plasmodium yang dapat dijumpai dalam siklus hidupnya. 

Plasmodium dapat bergerak seperti Amoeba di atas substrat dan mencerna makanan secara fagositosis, menelan partikel atau sel secara langsung. Contoh spesies Myxomycota adalah Physarium sp.

Klasifikasi Kingdom Protista Mirip Jamur dan Contohnya
Jamur dari filum Myxomycota
a. Physarium
b. Bentuk sporangium jamur lendir

2) Acrasiomycota

Anggota Acrasiomycota atau yang disebut jamur lendir uniseluler, pada dasarnya lebih mirip dengan protozoa uniseluler. Fase vegetatifnya juga merupakan sel yang berfungsi sebagai individu. Jika makanan tidak tersedia, sel-sel akan membentuk agregat atau kumpulan yang berfungsi sebagai unit.

Meskipun kumpulan selnya mirip dengan Myxomycota, sel-sel Acrasiomycota tetap mempertahankan identitasnya dan terpisah oleh membran mereka. 

Perbedaan lainnya, yaitu jamur lendir plasmodium memiliki fase haploid dan diploid. Acrasiomycota memiliki tubuh buah yang berfungsi sebagai alat reproduksi seksual.

3) Oomycota

Oomycota dikenal sebagai jamur air (water molds), karat putih (white rust), dan downy mildew. Organisme ini terdiri atas hifa (filamen atau benang halus yang membentuk bagian vegetatif jamur) yang terlihat seperti jamur pada umumnya. 

Oomycota memiliki dinding sel yang terbuat dari selulosa. Pada umumnya, jamur air merupakan pengurai yang tumbuh pada alga atau hewan mati. Beberapa lagi merupakan parasit pada ikan. Anggota dari kelompok Oomycota sebagian besar bereproduksi menghasilkan oogonia. 

Klasifikasi Kingdom Protista Mirip Jamur dan Contohnya
Contoh Protista dari kelompok oomycota.
a. Bentuk zoosporangia pada Saprolegnia sp yang menghasilkan zoospora
b. Bentuk oogonia pada saprolegnia yang menghasilkan oogonium
c. Jamur air yang tumbuh pada bangkai kecoa

Beberapa yang lainnya bereproduksi secara aseksual dengan zoospora. Pada saat proses reproduksi, zoospora bergerak dengan berenang cepat. Peristiwa tersebut terjadi di dalam air. Contoh spesies Oomycota adalah Saprolegnia.