Contoh Manfaat Interaksi Sosial Dalam Masyarakat Untuk Memenuhi Kebutuhan Dasar, Sosial atau Psikologis Manusia

Berikut ini penjelasan tentang manfaat interaksi sosial, interaksi sosial dalam masyarakat, kebutuhan dasar manusia, kebutuhan primer, contoh kebutuhan primer, kebutuhan sosial, kebutuhan psikologis, contoh kebutuhan sosial, contoh kebutuhan psikologis, kebutuhan integratif.

Manfaat Interaksi Sosial dalam Kehidupan Manusia

Manusia dalam hidupnya selalu berhubungan dengan lingkungan alam (fisik) dan lingkungan non fisik. Lingkungan fisik terdiri atas air, tanah, udara, flora, dan fauna. Lingkungan non fisik terdiri atas lingkungan sosial, ekonomi, dan budaya.

Alam menyediakan segalanya bagi kebutuhan hidup manusia, tetapi alam juga mempunyai keterbatasan. 

Pada saat manusia belum berkembang sebanyak seperti sekarang, keseimbangan antara kebutuhan manusia dan tersedianya kebutuhan itu boleh dikatakan hampir tidak masalah, namun pada saat mulai terjadi ledakan penduduk, manusia mulai menyadari bahwa alam tidak selamanya dapat menyediakan segala bentuk kebutuhan manusia. 

Beberapa jenis kebutuhan manusia memang mengalami pembaruan melalui proses daur ulang, namun akibat pengaruh manusia proses tersebut mengalami gangguan keseimbangan. 

Adanya pencemaran air, tanah, udara, perusakan hutan, dan lain-lain merupakan contoh dari akibat pengaruh manusia yang dapat merusak keseimbangan alam. 

Bertambahnya jumlah manusia berarti bertambah pula kebutuhan yang harus dipenuhi, seperti tempat tinggal, makanan, pekerjaan, transportasi, dan sebagainya. 

Dengan adanya pertumbuhan penduduk yang pesat juga akan berakibat pada bidang ekonomi, di antaranya pendapatan, kemiskinan, dan kegiatan ekonomi manusia. 

Demikian pula pertambahan penduduk yang pesat juga akan mempengaruhi perubahan budaya manusia di antaranya perubahan pola hidup dari keluarga besar menjadi pola keluarga kecil. 

Di samping ada perbedaan tentang jumlah dan macam kebutuhan bagi setiap golongan masyarakat atau negara, juga kebutuhan-kebutuhan yang bersifat universal, yaitu kebutuhan semua orang di seluruh dunia sepanjang hayatnya. 

Misalnya: makanan, pakaian, perumahan, kesehatan, olahraga, rasa aman, kebutuhan biologis, dan kebutuhan religius. 

Bagi masyarakat modern, pendidikan sudah merupakan kebutuhan yang pokok dan universal, tetapi bagi masyarakat suku terasing (primitif), pendidikan belum merupakan kebutuhan pokok. Kebutuhan universal tersebut harus terpenuhi. 

Apabila tidak terpenuhi maka akan mengakibatkan hal-hal yang tidak menguntungkan, misalnya: orang yang lapar kalau tidak segera makan akan pingsan atau sakit; orang sakit kalau tidak segera berobat bisa mati; orang yang tidak memiliki pakaian dan perumahan, kalau tidak segera memperolehnya akan menjadi orang yang tidak terhormat.

Meskipun demikian kebutuhan-kebutuhan manusia itu mempunyai beberapa ciri umum sebagai berikut.

  • Kebutuhan itu ada yang munculnya disadari dan ada yang tidak disadari.
  • Kebutuhan satu dengan kebutuhan yang lain itu bervariasi tingkat intensitasnya.
  • Kebutuhan itu selalu menyebabkan suatu keadaan yang tidak seimbang dan dimanifestasikan dalam perilaku yang terarah.
  • Kebutuhan itu dapat bersifat saling kompetitif dan selalu berlomba untuk mendapat pemenuhan lebih dahulu.
  • Kebutuhan itu kemunculannya dapat bersifat periodik dan ada yang bersifat sementara.

Pemenuhan kebutuhan hidup manusia digolongkan dua macam, yaitu kebutuhan yang timbul atau kemunculannya bersumber pada aspek-aspek biologis atau organisme tubuh manusia (sering dikenal kebutuhan hidup mendasar), dan kebutuhan yang timbul karena pergaulan antarmanusia dalam masyarakat. 

Di bawah ini akan dijelaskan tentang kebutuhan dasar atau primer, kebutuhan sosial, dan kebutuhan integratif.

a. Kebutuhan Hidup Mendasar/Primer

Kebutuhan hidup mendasar ialah kebutuhan manusia yang erat hubungannya dengan kebutuhan jasmani. Kebutuhan hidup mendasar itu, kemunculannya bersumber pada aspek-aspek biologi atau organisme tubuh manusia. Contoh kebutuhan dasar atau primer misalnya sebagai berikut:

1) Makanan/minuman/air

2) Istirahat dan kesehatan

3) Buang air besar/kecil

4) Kebutuhan biologis

5) Perlindungan dari cuaca/iklim

b. Kebutuhan Sosial/Psikologis

Kebutuhan sosial, yaitu kebutuhan-kebutuhan yang timbul karena pergaulan antarmanusia dalam masyarakat. Sebagian dari kebutuhan sosial itu merupakan sarana untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan primer ataupun kebutuhan sekunder. Contoh kebutuhan sosial itu meliputi hal-hal sebagai berikut.

1) Kebutuhan akan kegiatan-kegiatan bersama.

2) Kebutuhan berkomunikasi.

3) Kebutuhan akan keteraturan sosial.

4) Kebutuhan akan pendidikan.

Contoh Manfaat Interaksi Sosial Dalam Masyarakat Untuk Memenuhi Kebutuhan Dasar, Sosial atau Psikologis Manusia
Kebutuhan Psikologis bermanfaat untuk mendidik anak

c. Kebutuhan Integratif

Kebutuhan integratif, yaitu kebutuhan terpadu yang terdiri atas berbagai macam kebutuhan seperti yang telah diterangkan di atas. Pada hakikatnya setiap individu dan masyarakat suatu bangsa pasti memiliki kebutuhan integratif. 

Masalahnya hanya kuantitasnya saja yang berbeda. Kenyataannya kebutuhan individu masyarakat dari suatu bangsa itu semakin hari semakin bertambah banyak dan beraneka ragam. 

Kebutuhan integratif itu muncul dan terpencar dari hakikat manusia sebagai makhluk pemikir dan bermoral, yang fungsinya mengintegrasikan berbagai unsur kebudayaan sebagai sebuah sistem yang mencakup kebutuhan-kebutuhan sebagai berikut.

1) Kebutuhan akan adanya prinsip benar dan salah.

2) Kebutuhan akan perasaan keyakinan diri.

3) Kebutuhan pengungkapan kebersamaan.

4) Kebutuhan pengungkapan etika, estetika, dan kebutuhan rekreasi.