Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menentukan Isotop, Isobar, Isoton dan Massa Atom Relatif Unsur Menurut Standar IUPAC

Berikut ini merupakan penjelasan singkat tentang isotop, isobar, isoton, nomor massa atom, massa atom relatif, nomor atom dan nomor massa, massa atom relatif, IUPAC, International Union for Pure and Applied Chemistry.

Cara Menentukan Isotop, Isobar, dan Isoton

Mungkin Anda pernah mendengar tentang isotop radioaktif di media massa. Tahukah Anda arti dari isotop tersebut?

Suatu unsur bisa saja memiliki lebih dari satu atom. Perbedaan antara atom-atom yang menyusun unsur ini terletak pada nomor massanya. Atom-atom dari unsur yang sama yang memiliki nomor atom sama, tetapi memiliki nomor massa yang berbeda disebut isotop. 

Misalnya, unsur hidrogen memiliki 3 buah isotop. Ketiga isotop tersebut memiliki nomor massa yang berbeda, yaitu 1, 2, dan 3. 

Isotop hidrogen yang bernomor massa 1 disebut hidrogen, isotop hidrogen yang bernomor massa 2 disebut deuterium, sedangkan isotop hidrogen yang bernomor massa 3 disebut tritium.

Nomor massa atom dari suatu unsur dapat saja sama dengan atom dari unsur yang lain. Pasangan atom seperti ini disebut isobar. Adapun istilah untuk atom-atom dari unsur yang berbeda, tetapi memiliki jumlah neutron yang sama adalah isoton. 

Berdasarkan penjelasan tersebut, isotop, isoton, dan isobar dapat ditentukan dengan cara menentukan terlebih dahulu nomor atom, nomor massa, dan jumlah neutron masing-masing atom.

Contoh:
Manakah di antara atom-atom berikut yang termasuk isotop, isoton, dan isobar?

  1. C (nomor atom = 6, nomor massa = 12)
  2. C (nomor atom = 6, nomor massa = 13)
  3. C (nomor atom = 6, nomor massa = 14)
  4. O (nomor atom = 8, nomor massa = 16)
  5. O (nomor atom = 8, nomor massa = 18)
  6. N (nomor atom = 7, nomor massa = 14)
Jawab:
Untuk mengetahui isotop, isoton, dan isobar, terlebih dahulu harus ditentukan jumlah masing-masing proton, elektron, dan neutron.

Untuk memudahkannya, jawaban ditulis seperti tabel berikut.
Cara Menentukan Isotop, Isobar, Isoton dan Massa Atom Relatif Unsur Menurut Standar  IUPAC
Berdasarkan contoh diatas isotop adalah kelompok atau pasangan atom yang memiliki nomor atom yang sama, tetapi nomor massanya berbeda.

Isobar adalah kelompok atau pasangan atom yang memiliki nomor atom yang berbeda, tetapi nomor massanya sama. Isoton adalah kelompok atau pasangan atom yang memiliki jumlah neutron yang sama.

Cara Menentukan Massa Atom Relatif Unsur

Jika Anda mengamati tabel periodik, Anda dapat mengetahui informasi mengenai massa atom relatif suatu unsur. Tahukah Anda, bagaimana cara menentukan massa atom relatif unsur-unsur tersebut? 

Atom memiliki ukuran yang sangat kecil sehingga tidak mungkin untuk menimbang massanya secara
langsung. Sampai saat ini, belum ada timbangan yang dapat mengukurnya. Pada awalnya, massa atom relatif dibandingkan terhadap atom hidrogen. 

Akan tetapi, pada 1961 IUPAC (International Union for Pure and Applied Chemistry) telah menentukan standar baru dalam penentuan massa atom relatif, yaitu atom karbon-12. Satuan massa atom suatu unsur ditentukan dengan cara:
Cara Menentukan Isotop, Isobar, Isoton dan Massa Atom Relatif Unsur Menurut Standar  IUPAC
Informasi mengenai adanya isotop inilah yang dijadikan acuan oleh para ilmuwan untuk menentukan massa atom relatif. 
Cara Menentukan Isotop, Isobar, Isoton dan Massa Atom Relatif Unsur Menurut Standar  IUPAC
Oleh karena suatu unsur dapat tersusun atas beberapa atom yang memiliki nomor massa yang sama, maka massa unsur ditentukan dengan cara mengambil rata-rata dari massa atom setiap isotop.