Aturan dan Hubungan Serta Contoh Dalam Interaksi Sosial Manusia Dengan Lingkungan Alam atau Fisik Sosial dan Budaya

Berikut ini merupakan artikel hubungan manusia dengan alam, aturan dalam interaksi sosial, interaksi manusia dengan lingkungan, hubungan manusia dengan alam sekitar, interaksi manusia dengan alam, interaksi manusia dengan lingkungan sosial, lingkungan fisik, lingkungan sosial, lingkungan budaya, contoh lingkungan fisik, contoh lingkungan sosial, contoh lingkungan budaya, perubahan struktur sosial, perubahan nilai, perubahan sikap.

Aturan Berinteraksi Terhadap Lingkungan Alam/Fisik Sosial dan Budaya

Manusia tidak dapat hidup menyendiri. Dia harus hidup bersamasama dengan orang lain. Dengan keluarganya, dengan teman-temannya sekampung atau sekota, dan dengan masyarakat. 

Di samping itu manusia hidupnya harus menyesuaikan terhadap lingkungan baik bersifat alam (fisik), sosial, dan budaya. Bahkan manusia dalam hidupnya harus tahu aturan-aturan dan cara-cara beradaptasi terhadap lingkungan alam (fisik), sosial, dan budaya, yaitu sebagai berikut.

  1. Lingkungan fisik, contoh lingkungan fisik adalah iklim, relief, suhu udara, keadaan tanah, keadaan sumber alam, dan tata air.
  2. Lingkungan sosial, contoh lingkungan sosial adalah agama, adat-istiadat, kesenian, bahasa, dan hukum adat.
  3. Lingkungan budaya, contoh lingkungan budaya adalah kemajuan teknologi, keadaan pendidikan, perkembangan pola kebudayaan, dan sikap mental penduduk.

Kebudayaan yang telah menjadi milik suatu masyarakat pada umumnya berasal dari warisan turun-temurun. Sifat kebudayaan menjadi suatu yang berharga bagi masyarakat. Mereka takut kehilangan karena berlakunya menjadi pedoman hidup sehari-hari. 

Sifat keterbukaan masyarakat untuk menerima sesuatu dari luar tergantung dari kedayagunaan suatu kebudayaan. Apabila masyarakat memandang perlu untuk memperbaiki maka dilakukan perubahan. 

Misalnya: dahulu di pedesaan orang menumbuk padi dengan lesung, tetapi sekarang lesung diganti dengan mesin penggiling padi. Penduduk menerimanya sebagai perubahan.

Dalam beradaptasi dengan lingkungannya manusia akan mengikuti pola perubahan yang terjadi. Pola perubahan kebudayaan dapat berupa:

a. Perubahan Struktur Sosial

Perubahan struktur sosial, yaitu perubahan susunan masyarakat. Contoh: Bentuk perkawinan calon suami/istri berasal dari satu klan (endogami) atau calon suami istri berasal dari luar klannya (eksogami). 

Kemudian bentuk perkawinan berubah menjadi heterogami, yaitu perkawinan berdasarkan endogami dan eksogami.

b. Perubahan Nilai dan Sikap

Perubahan nilai dan sikap, yaitu perubahan oleh masyarakat terhadap suatu bentuk kebudayaan, misalnya: bentuk kesenian, bentuk kepercayaan, bentuk adat istiadat, dan bentuk-bentuk berbagai barang keperluan.

c. Perubahan Tidak Direncanakan

Untuk menanggulangi kebutuhan, masyarakat biasanya melakukan usaha sendiri secara spontan. Usaha yang dilakukan masyarakat itu mengakibatkan perubahan-perubahan sosial dan kebudayaan. 

Misalnya: karena pengaruh bangunan rumah di kota, masyarakat desa yang semula berumah bambu menggantinya dengan rumah batu dalam berbagai bentuk.